Pada peringatan HUT ke-78 kemerdekaan RI itu, Kodam XIV/Hsn berhasil mengumpulkan sebanyak 77.178 orang untuk melaksanakan dzikir dan doa serta sujud syukur atas kemerdekaan Indonesia tersebut
Makassar (ANTARA) - Kodam XIV/Hasanuddin memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan pelibatan 77.178 orang dalam melaksanakan sujud syukur dan dzikir pada HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Piagam penghargaan MURI nomor 11125/R.MURI/VIII/2023 diserahkan kepada Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso, oleh Direktur MURI Jaya Suprana di Makassar, Kamis.

Pada peringatan HUT ke-78 kemerdekaan RI itu, Kodam XIV/Hsn berhasil mengumpulkan sebanyak 77.178 orang untuk melaksanakan dzikir dan doa serta sujud syukur atas kemerdekaan Indonesia tersebut.

"Sujud syukur kita ini karena setelah sekian lama menjalani COVID-19 dan Alhamdulillah sudah terlewati, kita sujud syukur, dzikir, dan bershalawat sebagai bentuk kesyukuran diberi karuniaNya dan rahmat untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-78," ujarnya.

Pangdam XIV/Hsn Mayjen TNI Totok Imam Santoso mengatakan semua orang yang hadir dalam pengajian, dzikir dan doa itu dengan jiwa nasionalismenya yang tinggi larut dalam kesyukuran.

Kegiatan ini dilaksanakan itu juga serentak di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin yang meliputi Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Sulawesi Barat (Sulbar) dan Sulawesi Tenggara (Sultra) dan dihadiri oleh seluruh jajaran Forkopimda di tiga provinsi dan kabupaten/kota, dan tokoh lintas agama.

Kemudian Ketua MUI, para Rektor PTN/PTS, pimpinan institusi BUMN/BUMD, para petinggi TNI-Polri, Perbankan, para OPD, Persit Kartika Chandra Kirana, Pimpinan Masjid, Kelompok Pengajian, prajurit TNI -Polri, PNS, masyarakat baik secara off line maupun online.
 
Direktur MuRI Jaya Suparna menyebut bahwa Rekor MURI yang diraih ini, melalui kegiatan sujud syukur terbanyak belum pernah didengarnya.

"Ini merupakan prestasi yang luar biasa yang belum pernah kami dengar, bukan hanya di Indonesia tetapi di planet bumi ini. Kami ucapkan selamat kepada teman-teman di Kodam XIV/Hasanuddin dan seluruh masyarakat atas prestasi yang luar biasa ini," katanya.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman juga memberikan apresiasi kepada Pangdam atas terselenggaranya kegiatan yang luar biasa itu.

“Apresiasi sekaligus penghormatan kepada Bapak Panglima Kodam XIV/Hasanuddin, atas kegiatan sujud syukur ini," tuturnya.

Apresiasi tidak hanya didapatkan dari Gubernur Sulsel saja, Kapolda Sulsel yang menyambut baik acara itu berharap dengan kegiatan tersebut mampu menjadikan wilayah Sulsel aman, damai dan dapat menjemput pesta demokrasi mendatang.

Ketua Umum MUI Sulsel Prof Dr KH Najamuddin juga berharap kegiatan itu dapat menginspirasi sebagai tanda kesyukuran kepada negara yang aman dan menjadi contoh wilayah lain.
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023