Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Kementerian Perhubungan, Djoko Sasono mengatakan lulusan kampus di kementeriannya harus menjadi agen perubahan yang memiliki pemikiran, perasaan, pembicaraan, dan tindakan positif.

"Anak muda yang berkualitas itu harus memiliki kemampuan untuk selalu bersyukur, memiliki kemampuan manajemen diri dan waktu yang baik, serta memiliki minat," kata Djoko dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Saat dirinya mewisuda lulusan Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatera Barat, di Kampus Poltekpel Sumatera Barat, mengatakan para wisudawan untuk terus meningkatkan pengetahuan, keahlian, perilaku serta keterampilan lunak (softskill) agar mampu dan siap menghadapi perubahan dan inovasi teknologi yang sangat cepat.

Dalam wisuda yang kali ini mengambil tema Success does not belong to the Smartest person, but to those who always Strive, dia mengatakan tema ini merefleksikan bahwa kesuksesan tidak tergantung pada latar belakang keluarga, tetapi sangat tergantung pada usaha untuk meraih kesuksesan tersebut.

"Hal ini seperti yang dikemukakan oleh teknokrat dan seorang ilmuwan, BJ Habibie dalam kutipannya pernah berkata, kesuksesan itu bukan milik orang pintar akan tetapi kesuksesan milik orang yang selalu berusaha." ungkapnya.

Selain itu ia menambahkan, bahwa disiplin, bekerja keras untuk berubah, belajar keras, belajar cerdas, belajar tuntas dan belajar ikhlas merupakan kunci penting dalam meraih kesuksesan.

Direktur Poltekpel Sumatera Barat, H. Irwan, mengatakan bahwa 111 wisudawan yang mengikuti kegiatan Pelantikan Perwira Transportasi periode IV Agustus 2023 kali ini berasal dari Program Pendidikan DIII Studi Nautika sebanyak 29 wisudawan, DIII Teknologi Nautika sebanyak 22 wisudawan, dan D IV Transportasi Laut sebanyak 60 wisudawan.

Irwan berharap melalui wisuda kali ini para lulusannya menjadi perwira transportasi matra laut yang siap mengabdi untuk kepentingan bangsa dan negara, menjadi perwujudan perekat bangsa, serta memiliki semangat nasionalisme, cinta kepada tanah air dan kebanggaan terhadap korps perwira transportasi yang prima, profesional, beretika.

Baca juga: Pelaut Indonesia miliki peran strategis dalam pertumbuhan ekonomi
Baca juga: Politeknik pelayaran Kemenhub ikut lahirkan SDM pelaut handal
Baca juga: Kemenhub kampanyekan keselamatan pelayaran di Pelabuhan Padangbai Bali

 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023