Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Indonesia untuk Timor Leste Okto Dorinus Manik mengaku terharu melihat antusiastme tinggi sekitar 500 WNI di Dili, Timor Leste, mengikuti upacaran peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 RI di KBRI Dili, hari ini. 

“Saya terharu melihat mereka dari berbagai komponen pekerjaan yang berbeda-beda hadir meskipun ini kan hari kerja sebenarnya ya, tapi mereka siap meluangkan waktu untuk ikut upacara,” kata Okto ketika dihubungi ANTARA.

Ke-500 WNI itu mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Okto menyebut ratusan WNI dari berbagai profesi, mulai pegawai BUMN, pengusaha, hingga pekerja Indonesia yang bermukim di Dili, sangat antusiastis mengikuti upacara terseut.

Upacara selama satu jam  dimulai dengan pengibaran bendera pada pukul 09.00 waktu setempat dan dipimpin oleh Atase Pertahanan KBRI Dili Kolonel Yunianus Simamora.

Baca juga: WNI antusiastis ikuti upacara Kemerdekaan RI di Kuala Lumpur

Setelah itu, KBRI Dili menggelar acara ramah tamah bersama seluruh WNI yang juga dihadiri Menteri Luar Negeri Timor Leste Bendito dos Santos Freitas.

“Setelah upacara selesai saya sampaikan kepada WNI yang hadir untuk tetap menjaga kebersamaan dan persatuan di antara komponen masyarakat di sini,” kata Okto.

Okto mengatakan sejak pertengahan Juli, KBRI Dili telah menggelar berbagai lomba dalam rangka peringatan hari kemerdekaan.

“Kita kemarin juga ada tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan Seroja, mungkin kalau di negara lain tidak ada karena di luar negeri yang ada taman makam pahlawan hanya Timor Leste,” kata Okto.

Upacara penurunan bendera di KBRI Dili akan digelar pukul 16.30 waktu setempat dan dipimpin oleh Atase Kepolisian Kombes Pol Mikel da Costa.

Baca juga: Pakaian adat warnai upacara HUT Kemerdekaan RI di Beijing

Pewarta: Rina Nur Anggraini
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023