Kabupaten Bogor (ANTARA) - DPRD Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengundang driver ojek online (ojol) mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo alias Jokowi secara daring di Ruang Paripurna, Gedung DPRD, Cibinong, Bogor.

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto di Bogor, Kamis, menjelaskan bahwa sengaja mengundang para driver ojol yang ia anggap telah berkontribusi besar terhadap perputaran ekonomi bangsa Indonesia.

"Jadi dari beberapa tahun terakhir kita bertransformasi. Ojek Online juga pahlawan bangsa, kalau ojek online mogok satu atau dua hari efek perputaran uang ekonomi akan sangat berdampak," ujarnya.

Menurut dia, transformasi ke arah digital membuat ojol berperan penting dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Tak sedikit masyarakat yang menggunakan jasa ojol untuk membantu mobilisasi hingga mengantar jemput makanan.

"Kita hari ini atau belanja apapun pasti menggunakan aplikasi, apa yang terjadi kalau ojek online stop beroperasi dalam satu atau dua hari saja, berapa puluh miliar perputaran ekonomi berhenti," tuturnya.

Selain itu, hadirnya para driver ojol membuktikan bahwa bangunan tempat wakil rakyat bekerja itu terbuka untuk masyarakat. Sehingga, kata Rudy, siapapun boleh masuk dan menggunakan fasilitas yang dibiayai oleh negara tersebut.

"Kita menyampaikan bahwa DPRD adalah House of Representative, ini adalah rumah rakyat dan hari ini kita bicara momentum Kemerdekaan Republik Indonesia, kemerdekaan milik kita bersama," ujar Rudy.

Agenda mendengarkan pidato kenegaraan itu dikemas oleh DPRD Kabupaten Bogor dalam rapat paripurna istimewa yang berlangsung pada Rabu, 16 Agustus 2023. Rapat paripurna istimewa DPRD Kabupaten Bogor dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke 78 dikemas meriah.

Selain dihadiri para pejabat Forkopimda dan Kepala SKPD, Sekretariat DPRD juga mengundang perwakilan ormas, OKP, hingga Bacaleg dari semua partai politik peserta Pemilu 2024.

Baca juga: Presiden pimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi pada HUT RI

Baca juga: Rakyat Maluku bangga Presiden gunakan busana adat Tanimbar

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023