Jakarta (ANTARA) - Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki di Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis, melangsungkan upacara pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Upacara tersebut menjadi yang kedua kalinya bagi Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki dalam rangka merayakan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia.

Abu Bakar Baasyir, selaku pendiri sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, turut hadir dan mengikuti prosesi upacara pengibaran bendera dari awal hingga akhir.

Hadir pula dalam upacara tersebut ialah Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Mayjen TNI Nisan Setiadi.

Baca juga: BNPT: Pemimpin Khilafatul Muslimin bukan pendiri Ponpes Ngruki

Nisan Setiadi mengapresiasi pelaksanaan upacara pengibaran Bendera Merah Putih di Pondok Pesantren Ngruki Sukoharjo sebagai inisiatif dari pesantren. Seluruh perangkat upacara dilakukan oleh para pengurus dan santri pesantren tersebut.

"Saya kagum dengan semangat para santri dan terutama inspektur upacara, yang walaupun dengan umur yang sudah lanjut, masih kuat dan tidak ada satu pun kesalahan dalam memimpin pelaksanaan upacara ini," kata Setiadi dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis.

Ustadz Farif Maruf, seorang pimpinan Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki yang bertindak sebagai inspektur upacara, menyampaikan harapannya tentang kemajuan dan persatuan Indonesia. Menurut dia, persatuan bangsa harus terus dijaga oleh seluruh bangsa Indonesia.

"Tidak ada kemerdekaan tanpa persatuan. Indonesia yang sangat kaya dan beragam ini dikuatkan dengan persatuan," kata Farif.

Baca juga: Muhadjir minta Ponpes Ngruki rutin gelar upacara HUT RI

Pelaksanaan upacara kemerdekaan RI diharapkan terus dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki Sukoharjo. Menurut Farif, kegiatan tersebut menjadi bentuk syukur terhadap kemerdekaan yang telah diraih bangsa Indonesia.

"Sebelum merdeka, bangsa ini menjadi bangsa yang payah dan hina, tetapi kemerdekaan membawa bangsa ini menjadi bangsa yang lebih baik dan maju," ujar Farif Maruf.

Prosesi upacara di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki Sukoharjo dimulai dengan pembacaan kalam ilahi oleh santri dan dilanjutkan dengan upacara pengibaran Sang Saka Merah Putih. Setelah upacara, seluruh santri diarahkan masuk ke dalam masjid untuk memanjatkan doa bersama.

Baca juga: Menko PMK: Pemerintah dukung pengembangan Ponpes Al Mukmin Ngruki

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023