Jayapura (ANTARA) -
Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun menyampaikan rasa  bangga dengan generasi muda Bumi Cenderawasih yang jadi Paskribaka pada momen upacara HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara.
 
"Momen bersejarah dimana anak-anak muda Papua dilibatkan mulai dari pembawa baki bendera Merah Putih Pasukan Pengibar Bendera Pusaka(Paskibraka) hingga komandan upacara HUT ke-78 RI  di Istana Merdeka," katanya di Jayapura, Papua, Kamis.
 
Menurut Ridwan, anak Papua tampil di Istana Negara itu luar biasa, pihaknya merasa bangga dan senang, dengan begitu menunjukkan bahwa sudah setara.
 
"Ini menunjukkan bahwa Papua sudah bisa setara dengan teman-teman di seluruh Indonesia," ujarnya.
 
Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPPAD) Provinsi Papua, Christian Sohilait mengatakan ini merupakan bukti bahwa anak Papua juga sudah bisa bersaing sehingga ini menjadi motivasi bagi yang lainnya.
 
"Tentunya kami sangat bangga karena anak Papua juga bisa, ini menjadi motivasi bagi anak-anak lainnya," katanya.
 
Menurut Chistian, dukungan dari pemerintah yakni selalu mencari tambahan kuota bagi anak-anak Papua dengan begitu semakin banyak kesempatan yang diberikan.
 
"Kami Pemprov Papua selalu mendukung kreativitas anak bangsa untuk itu jangan cepat menyerah dan berpuas diri tetapi terus  belajar. Tetap terus membawa nama baik diri, orang tua, sekolah, dan  daerah," ujarnya.

Dia  berharap ke depan akan banyak lagi anak muda Papua yang ikut terlibat dengan kegiatan-kegiatan nasional seperti saat ini dengan begitu Papua  terus maju.
Baca juga: Sebanyak 12 Paskibraka yang dikukuhkan Jokowi berasal dari Papua
Baca juga: Susunan Paskibraka dan calon Komandan Upacara Detik-Detik Proklamasi
Baca juga: Presiden pimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi pada HUT RI
Baca juga: Presiden Jokowi jadi Inspektur Upacara HUT Ke-77 RI

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023