Kami melakukan kegiatan menghias lokomotif menggunakan bunga dan beberapa ornamen bertema merah putih yang memberikan nuansa dan semangat kemerdekaan Republik Indonesia
Blitar (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 7 Madiun bersama Komunitas Pecinta Kereta Api (KA) di Blitar melakukan kegiatan menghias lokomotif bernuansa merah putih, memperingati HUT ke-78 RI.

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Supriyanto mengatakan kegiatan menghias lokomotif ini merupakan wujud semangat PT KAI bersama Komunitas Pecinta Kereta Api di Blitar dalam memeriahkan HUT ke-78 RI dan menjadikan nasionalisme sebagai dasar memberikan layanan terbaik untuk masyarakat.

"Kami melakukan kegiatan menghias lokomotif menggunakan bunga dan beberapa ornamen bertema merah putih yang memberikan nuansa dan semangat kemerdekaan Republik Indonesia," kata Supriyanto saat dikonfirmasi, di Blitar, Kamis.

Supriyanto menambahkan kegiatan itu digelar rutin setiap tahun yang selalu diikuti dengan antusias oleh para peserta sebagai wujud gotong royong dan kecintaan mereka terhadap kereta api.

Selama kegiatan menghias lokomotif, para peserta dari Komunitas Pecinta Kereta Api di Blitar dibekali dengan perlengkapan keamanan seperti helm dan rompi safety serta diawasi langsung oleh petugas yang kompeten untuk memastikan keselamatan dan keamanan selama kegiatan berlangsung.

Baca juga: PT KAI dan pecinta kereta api sosialisasi keselamatan di perlintasan

Ia berharap kegiatan tersebut menjadi wadah generasi muda untuk menyalurkan kecintaannya terhadap transportasi kereta api serta meningkatkan nasionalisme dan jiwa gotong royong sebagai warisan para pejuang kemerdekaan RI.

Lebih lanjut Supriyanto mengatakan kolaborasi PT KAI Daop 7 Madiun dengan Komunitas Pecinta Kereta Api di Blitar sudah sering dilakukan, mulai dari sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang, hingga bantuan informasi Posko Angkutan Lebaran dan Natal-Tahun Baru.

"Ke depannya, kolaborasi antara PT KAI Daop 7 Madiun dengan Komunitas Pecinta Kereta Api Blitar akan terus dilakukan untuk kegiatan serupa, bahkan kegiatan-kegiatan lainnya yang bersifat positif," katanya.

Acara serupa juga dilakukan Komunitas Pecinta Kereta Api Madiun yaitu Komunitas Pecel +63 di Depo Lokomotif Madiun dan Rail Fans Blitar di Depo Kereta Blitar. Mereka mencuci serta menghias lokomotif kereta api.

Baca juga: Komunitas pecinta kereta api ajari anak cinta kereta api
Baca juga: Daop 7 dan komunitas pecinta KA sosialisasikan antipelecehan seksual
 

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023