Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita penting dan menarik menghiasi Jakarta, Kamis (17/8) mulai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membahas persoalan polusi udara di Ibu Kota bersama sejumlah kementerian hingga peluang untuk kembali mengalokasikan pendanaan di luar Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk melanjutkan pembangunan Blok E Kampung Susun Akuarium.

Berikut rangkuman berita kemarin selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca kembali.

 

1. Pemprov DKI bahas polusi udara bersama sejumlah kementerian

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membahas persoalan polusi udara di Ibu Kota bersama sejumlah kementerian pada Jumat (18/8).

"Besok (18/8) secara maraton rapat di beberapa kementerian untuk mengatasi polusi," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono usai upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan RI di Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis.

Berita selengkapnya klik di sini


2. Lima puluh persen pegawai DKI bekerja dari rumah mulai 21 Agustus

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan uji coba kebijakan bekerja dari rumah (work from home/WFH) untuk 50 persen aparatur sipil negara (ASN) mulai 21 Agustus 2023.

"Kemarin saya minta Pak Sekda, ya mungkin tanggal 21 Agustus, khusus pegawai yang tidak bersentuhan langsung kita coba, pertama untuk bisa memberikan kenyamanan KTT ASEAN," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Berita selengkapnya klik di sini


3. Legislator minta Pemprov DKI tetapkan tanggap darurat bencana polusi

Anggota Komisi D DPRD DKI Hardiyanto Kenneth meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menetapkan kondisi tanggap darurat bencana imbas polusi udara.

"Pemprov DKI Jakarta segera menetapkan kondisi tanggap darurat bencana agar bisa mendorong Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memakai dana siap pakai," kata Kenneth kepada wartawan di Jakarta, Kamis.

Berita selengkapnya klik di sini


4. Heru sebut Jakarta jadi pusat perhatian kontestasi politik

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, Jakarta masih menjadi pusat perhatian kontestasi politik pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Pada pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah serentak di 2024, Jakarta akan jadi pusat perhatian, cermin politik nasional," kata Heru dalam amanatnya saat upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) di Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis.

Berita selengkapnya klik di sini
 

5. DKI akan alokasikan dana untuk lanjutkan Kampung Akuarium

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta disebut akan kembali mengalokasikan pendanaan di luar Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk melanjutkan pembangunan Blok E Kampung Susun Akuarium.

Ketua Koperasi Akuarium Bangkit Mandiri, Darma Diani di Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis, mengatakan, pendanaan di luar APBD itu ialah skema pengenaan kewajiban menggunakan Surat Persetujuan Prinsip Pembebasan Lahan (SP3L).

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023