Jakarta (ANTARA) - Konsul Jenderal RI di Perth Listiana Operananta menegaskan pentingnya upaya memupuk rasa persatuan untuk mewujudkan visi Indonesia Maju, menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.

"Jangan sampai perbedaan pendapat memecah belah persatuan bangsa,” kata Listiana ketika menyampaikan pidato pada peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI yang diselenggarakan KJRI Perth di Sir James Mitchell Park, Western Australia, pada Kamis (17/8).

Dalam keterangan tertulis KJRI Perth, disebutkan bahwa tahun ini merupakan pertama kalinya perayaan HUT RI diselenggarakan di taman publik Australia.

Perayaan HUT ke-78 RI diisi dengan upacara bendera dan permainan khas 17 Agustus, seperti balap karung, balap kelereng, memasukkan pensil ke dalam botol, dan lomba makan kerupuk.

Upacara bendera, menurut keterangan itu, berlangsung khidmat dengan diikuti lebih dari 300 masyarakat Indonesia di Perth serta tamu undangan yang merupakan mitra kerja KJRI.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh sekitar 40 pelajar dari beberapa sekolah menengah dari Kota Perth, yang mempelajari Bahasa Indonesia sebagai bahasa asing di sekolahnya.

Pengibaran bendera dilaksanakan oleh enam orang Paskibra KJRI Perth yang telah melalui seleksi dan latihan sejak Juli 2023.

Pada kesempatan tersebut, Konjen RI juga melakukan pemotongan tumpeng, yang antara lain diberikan kepada perwakilan pelajar yang hadir.


Berlanjut Sampai Malam

Kemeriahan HUT ke-78 RI di Perth kemudian berlanjut hingga malam hari.

Seluruh lampu di beberapa tempat ternama di Perth, yaitu Council House, Jembatan Matagarup, Tunnel Northbridge, Sky Ribbon Bridge, Mount Street Bridge, dan Joondalup Drive menyala dengan warna merah dan putih. 

Lampu-lampu di sana menyala secara serentak mulai pukul 18.00 hingga pagi hari waktu setempat.

KJRI Perth juga menyediakan permainan menarik bagi masyarakat Indonesia yang berminat mengabadikan momen berfoto di depan lokasi-lokasi tersebut. 

Kegiatan Gemerlap Merah Putih di Perth juga merupakan yang pertama kali diadakan dan diharapkan mampu menarik perhatian publik di Kota Perth akan kemeriahan pesta HUT ke-78 RI.


Baca juga: 1.200 orang ikuti peringatan kemerdekaan RI di Belanda

Baca juga: Dubes ajak diaspora promosikan budaya Indonesia di Swedia


 

Ragam hidangan nusantara ramaikan syukuran 17 Agustus di Vietnam

 

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2023