Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menerima kunjungan Ketua Partai Komeito Baru Jepang Yamaguchi Natsuo beserta rombongan di kediamannya di kawasan Jakarta Selatan, Jumat.

Muhaimin menyambut hangat kedatangan delegasi partai yang memiliki sejarah kedekatan dengan Soka-gakkai, salah satu aliran agama Buddha cukup populer di Jepang. Dalam pertemuan itu, dia mendorong peningkatan kerja sama antara Indonesia dan Jepang di berbagai sektor.

"Kami akan terus tingkatkan hubungan antarpartai, hubungan antarparlemen, sekaligus mendukung kerja sama ekonomi dan hubungan di semua bidang," kata Muhaimin dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Muhaimin minta aparat usut kasus terduga teroris hingga akarnya

Dalam pertemuan itu, Muhaimin menitikberatkan pada kerja sama pembangunan sumber daya manusia (SDM) agar kompetensi tenaga kerja Indonesia setara dengan Jepang.

"Salah satu yang ingin saya tingkatkan adalah kerja sama di bidang SDM Indonesia. Kami ingin SDM Indonesia terus ditingkatkan sesuai standar global, khususnya standar Jepang," jelas Ketua Umum PKB itu.

Sementara itu, Yamaguchi menjelaskan kunjungan Partai Komeito Baru ke negara-negara sahabat, termasuk Indonesia, merupakan kegiatan reguler yang dilakukan setiap tahun dalam rangka mempererat hubungan kedua negara.

Baca juga: Muhaimin: 3.757 BLK Komunitas yang tersebar percepat peningkatan SDM

Selain berkomitmen untuk menjaga hubungan bilateral antarkedua negara, Yamaghuci juga menyampaikan selamat atas peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Terima kasih atas kesempatan yang diberikan. Indonesia ini sudah memiliki nilai-nilai demokrasi yang berkembang baik. Kami ingin meningkatkan kerja sama dengan Indonesia sebagai mitra strategis termasuk kerja sama antarpartai," ujar Yamaguchi.

Yamaghuci hadir dengan didampingi sejumlah petinggi Partai Komeito Baru dan anggota parlemen Jepang, sedangkan Muhaimin didampingi oleh Ketua Fraksi PKB DPR Cucun Ahmad Syamsurijal serta sejumlah anggota Fraksi dan Pengurus DPP PKB.

Baca juga: Ketua Umum PKB sebut ongkos politik caleg di Jakarta Rp40 miliar

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023