Tangerang (ANTARA) - Polres Metro Tangerang Kota melakukan aksi nyata dalam mengatasi polusi udara yang terjadi dengan turut serta dalam gerakan penanaman 1.000 pohon di daerah setempat.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho di Tangerang, Jumat, mengatakan bahwa penanaman pohon ini merupakan program Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini gagasan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo sebagai wujud kepedulian Polri terhadap lingkungan hidup.

Hal ini terkait dengan kualitas udara di wilayah Jabodetabek beberapa minggu terakhir ini dalam kondisi buruk, terlebih cuaca panas ekstrem tengah melanda.

Menurut dia, ada beberapa faktor yang pengaruhi buruknya kualitas udara saat ini, di antaranya polusi udara yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor.

"Kami lakukan penyelamatan Bumi melalui kegiatan Polisi Peduli Penghijauan di 12 tempat menanam 1.000 pohon," kata Kapolres Kombes Pol. Zain usai menanam pohon Jambu di halaman Balai RW 015, Kelurahan Tanah Tinggi.

Kapolres lantas menyebutkan sejumlah pohon seperti pohon mangga, rambutan, sengon, dan beberapa pohon buah lainnya.

Dengan gerakan penanaman pohon dalam rangka Polri Lestarikan Negeri, kata dia, dapat mengatasi masalah banjir serta mengurangi ancaman pemanasan global serta menambah produksi oksigen.

"Kegiatan penanaman pohon ini juga merupakan wujud nyata kolaborasi antara Polri/TNI dan masyarakat," katanya.

Kombes Pol. Zain mengajak masyarakat memanfaatkan lahan yang kosong menjadi lebih produktif sehingga manfaatnya juga bisa dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar.

"Sebagai edukasi, kegiatan ini juga diharapkan masyarakat dapat memahami tentang pentingnya menjaga lingkungan demi keberlangsungan hidup yang lebih baik dengan kualitas udara yang sehat," ujarnya.

Baca juga: Pegawai Pemkot Tangerang ke kantor naik sepeda guna tekan polusi udara
Baca juga: Dinkes: Kasus ISPA di Tangerang tidak ada kenaikan signifikan

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023