Kami bersyukur ditemukan lebih awal ada beberapa kendaraan dinas anggota tidak lulus uji emisi
Tangerang (ANTARA) - Sebanyak 15 unit kendaraan dinas Polres Metro Tangerang Kota yang terdiri atas sepeda motor dan mobil tidak lulus uji emisi pada kegiatan yang dilaksanakan di lapangan apel Polres tersebut, Jumat.

"Kami bersyukur ditemukan lebih awal ada beberapa kendaraan dinas anggota tidak lulus uji emisi," kata Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho di Tangerang, Banten, Jumat.

Dia menjelaskan kendaraan dinas yang tak lulus uji emisi di antaranya satu unit sepeda motor, 12 unit mobil dinas dan dua unit mobil anggota.

Kapolres mengatakan kendaraan yang tidak lulus uji emisi tersebut dapat langsung diperbaiki melalui bengkel pemeliharaan dan perawatan yang dimiliki Polres. Lalu, setelah dilakukan perbaikan akan dilakukan uji emisi ulang.

Ia mengatakan uji emisi di lingkup kedinasan Polri tersebut dilaksanakan jajaran Polres Metro Tangerang Kota sesuai penyampaian Kasatgas Pengendalian Pencemaran Udara Polda Metro Jaya, Kombes Pol Nurcholis, saat melaksanakan sidak di kawasan Industri Pasir Jaya, Kamis (7/9).

Baca juga: Aktivitas pabrik pengolahan biji plastik di Tangerang dihentikan KLHK

Baca juga: Polda Metro Jaya bentuk Satgas Penanggulangan Polusi Udara


"Uji emisi ini dalam upaya membantu menekan polusi udara. khususnya di wilayah Kota Tangerang," katanya.

Kapolres Zain mengatakan dalam uji emisi yang digelar tersebut terdaftar sebanyak 351 unit motor dan 91 mobil dinas termasuk mobil anggota. Menurutnya, kendaraan dinas kepolisian itu digunakan selama 24 jam untuk melayani masyarakat, sehingga menjadi perhatian agar dilakukan uji emisi.

"Kami berharap uji emisi yang dilakukan Polri dapat menjadi contoh di masyarakat. Ini semua dilakukan untuk memperbaiki kualitas udara agar menjadi lebih bersih dan sehat," ungkapnya.

Pelaksanaan uji emisi ini merupakan bentuk kerja sama antarSatlantas Polres Metro Tangerang Kota bersama Dinas Perhubungan dan Dinas Lingkungan hidup Kota Tangerang.

Nantinya, hasil dari uji emisi ini yang lolos akan terpasang stiker maupun barcode yang terintegrasi melalui link https://ditppu.menlhk.go.id/langit-biru/statusujiemisi.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023