Riyadh (ANTARA) - Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Hossein Amir-Abdollahian pada Kamis (17/8) di Riyadh mengatakan bahwa hubungan antara negaranya dan Arab Saudi bergerak ke arah yang benar dan kedua belah pihak akan memajukan kerja sama di berbagai bidang.

Amir-Abdollahian melontarkan pernyataan tersebut dalam konferensi pers gabungan bersama Menlu Arab Saudi Faisal bin Farhan Al Saud setelah pertemuan mereka di Riyadh, ibu kota Arab Saudi.

Pejabat Iran itu, yang sedang melakukan kunjungan resmi pertamanya ke Arab Saudi sejak kedua negara itu sepakat memulihkan hubungan diplomatik dalam kesepakatan yang dimediasi China pada Maret, mengatakan pertemuannya dengan menteri Arab Saudi tersebut "sukses."

Iran berkomitmen untuk mengimplementasikan kesepakatan yang dicapai oleh kedua negara di bidang keamanan dan ekonomi, dan akan membentuk komite teknis dan eksekutif untuk mendukung implementasinya, katanya.

Amir-Abdollahian menegaskan bahwa presiden Iran akan segera melakukan kunjungan ke Arab Saudi.

Dia juga menyuarakan dukungannya untuk Arab Saudi yang akan menjadi tuan rumah ajang World Expo 2030.

Sembari menekankan pentingnya kerja sama antara Arab Saudi dan Iran, Menteri Arab Saudi tersebut mengatakan pemulihan hubungan diplomatik dengan Iran adalah kunci untuk menjaga keamanan regional.

Dia menuturkan bahwa Arab Saudi akan menjaga komunikasi dan koordinasi dengan Iran dan mendorong kemajuan baru dalam hubungan bilateral yang dilandasi rasa saling menghormati.

Pejabat Arab Saudi itu juga menyambut baik rencana kunjungan presiden Iran ke Arab Saudi.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023