Kami sudah menyiapkan sejumlah sarana dan prasarana penunjang untuk warga relokasi di Kecamatan Mande
Cianjur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, membangun sarana dan prasarana penunjang untuk warga penyintas gempa penghuni perumahan relokasi di Kecamatan Mande, termasuk membangun pasar dan pusat perekonomian lainnya.

Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur Jumat, mengatakan pemerintah daerah sudah merencanakan untuk membangun pasar guna memudahkan warga relokasi melakukan aktivitas ekonomi karena lokasi perumahan yang jauh dari pusat Kecamatan Mande.

"Kami sudah menyiapkan sejumlah sarana dan prasarana penunjang untuk warga relokasi di Kecamatan Mande, termasuk pusat keramaian dan pasar serta sekolah, sehingga kegiatan perekonomian di wilayah tersebut meningkat," katanya.

Tujuan pembangunan pasar yang tidak jauh dari perumahan relokasi itu, ungkap Bupati Cianjur, guna memudahkan warga untuk membangun usaha, sehingga mereka betah berada di perkampungan baru meski jauh dari perkampungan lama.

Baca juga: Pemkab Cianjur serahkan 151 rumah relokasi Mande

Tidak hanya pasar, untuk memudahkan aktibitas warga, pihaknya sudah meminta Dinas Perhubungan Cianjur membuat jalur angkutan umum yang dapat melayani rute hingga ke pusat kota Cianjur, sehingga warga dapat mudah melakukan aktivitas perekonomian, pendidikan dan kesehatan.

"Jarak yang jauh dari pusat kota membutuhkan angkutan umum karena tidak semua warga memiliki kendaraan. Pemerintah hadir memberikan berbagai kemudahan bagi warga relokasi," katanya.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskuperindag) Kabupaten Cianjur, Komarudin mengatakan untuk pembangunan pasar dekat perumahan relokasi Mande sudah dalam tahap pembebasan lahan.

"Kami berharap pada awal tahun sudah berjalan pembangunan dengan harapan dapat cepat dilakukan dengan bantuan pemerintah pusat, sehingga warga perumahan relokasi dapat membangun usaha di tempat tinggal yang baru," katanya.

Baca juga: Kebun Raya Cibodas mencatat wisatawan asal Jakarta meningkat

Baca juga: Pemerintah pusat didorong segera bangun tol Cianjur

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023