Bukittinggi,- (ANTARA) -
Wali Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Erman Safar meresmikan pusat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di dalam area lembaga pemasyarakatan (lapas) daerah setempat sebagai bentuk dukungan terhadap kegiatan yang bermanfaat bagi warga binaan.
 
"Lapas Bukittinggi melalui Seksi Kegiatan Kerja terus melakukan inovasi terkait penyaluran kreativitas warga binaan, kami mendukung usaha positif ini," kata Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, Jumat.
 
Ia mengatakan pemerintah mendorong seluruh masyarakat untuk berinovasi dalam dunia usaha.
 
UMKM menurutnya bisa mendongkrak perekonomian sekaligus tempat pembinaan produksi bagi warga binaan Lapas Bukittinggi.
 
"UMKM Center ini bisa memproduksi barang yang berkualitas dan menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi dan berjalannya pembinaan produksi di Lapas," kata dia.
 
UMKM Center Lapas Bukittinggi juga menyediakan kedai kopi bekerja sama dengan ahli penyajian khusus kopi atau barista.
 
Kepala Lapas Bukittinggi Marten mengucapkan terima kasih kepada Walikota Bukittinggi yang bersedia meresmikan UMKM Center Lapas Bukittinggi.
 
Marten berharap dukungan penuh dari pemerintah Kota Bukittinggi agar maksimalnya kegiatan UMKM warga binaan, terutama untuk pengadaan pelatihan bersertifikat dengan Balai Latihan Kerja Kota Bukittinggi.
 
"Hasil karyanya warga binaan bagus dan dapat bersaing di pasaran. Salah satu produk yang sudah ramai di pasaran Kota Bukittinggi seperti jas hujan dan sendal hotel, artinya kreativitas warga binaan Lapas Bukittinggi itu hebat," katanya.
 
Ia menambahkan, petugas Lapas hanya memberikan fasilitas dan membantu menyelenggarakan pembinaan agar potensi yang ada itu lebih maju.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023