Jadi rute ini untuk memperpendek waktu tempuh dari Lombok ke Situbondo.
Mataram (ANTARA) - Kepala Dinas Perhubungan Nusa Tenggara Barat (Dishub NTB) Lalu Moh Faozal menyebutkan pembukaan rute baru penyeberangan dari dan menuju Pelabuhan Jangkar Situbondo, Jawa Timur ke Pelabuhan Lembar, Lombok Barat untuk memperpendek waktu tempuh terutama distribusi logistik.

"Jadi rute ini untuk memperpendek waktu tempuh dari Lombok ke Situbondo. Melalui jalur ini waktu tempuh menjadi 11 jam daripada melalui Pelabuhan Ketapang Banyuwangi," ujar Lalu Faozal, di Mataram, Jumat.

Ia mengatakan pembukaan rute lintasan panjang Pelabuhan Jangkar Situbondo, Jawa Timur ke Pelabuhan Lembar ini sudah diluncurkan pada 15 Agustus 2023.

"Ada dua kapal yang melayani setiap hari dari Pelabuhan Jangkar pukul 15.00 WIB. Dan dari Lembar pukul 16.00 WITA," kata Faozal.

Menurut dia, adanya jalur baru ini menambah transportasi laut dari dan menuju Lombok, NTB menjadi total lima rute, yakni Pelabuhan Jangkar-Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Tanjung Perak-Lembar, Pelabuhan Ketapang-Lembar, Tanjung Wangi, Lembar dan Padangbai-Lembar.

"Jadi banyak pilihan buat pengguna transportasi laut, sehingga efisien," ujarnya pula.

Disinggung apakah pembukaan jalur baru ini didorong permintaan yang tinggi dari konsumen. Faozal mengatakan bahwa bukan persoalan tingginya permintaan melainkan pemerintah melihat pentingnya jalur tersebut untuk memperlancar jalur kendaraan pengangkut logistik utamanya dari NTB ke Jawa, begitu juga sebaliknya.

"Jalur ini penting bagi Jawa dan NTB, sehingga memperpendek waktu dan jarak lebih cepat. Tapi harus seimbang baik Jangkar dan Lembar," kata mantan Kepala Dinas Pariwisata NTB ini.

Untuk harga tiket, ujar Faozal, sudah dipublish oleh ASDP. Untuk harga satu kendaraan dikenakan tiket antara Rp700 ribu-Rp800 ribu. Namun, harga tersebut tergantung jenis golongan kendaraan.

"Untuk satu kendaraan sekitaran itu harganya, tapi tergantung jenis golongan kendaraan. Saya nggak hafal betul, takut keliru," katanya lagi.
Baca juga: Kemenhub luncurkan penyeberangan lintas Jangkar - Lembar
Baca juga: ASDP apresiasi Pemkab Situbondo buka penyeberangan rute Jangkar-Lembar

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023