Situbondo (ANTARA) - Penyeberangan dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi menuju Lembar (Nusa Tenggara Barat/NTB) dialihkan melalui Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Jawa Timur, selama musim libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Koordinator UPT Pelabuhan Pengampu Regional Banyuwangi Wilayah Kerja Jangkar Situbondo, Tri Wahyono mengemukakan mulai hari ini penyeberangan dari Ketapang (Banyuwangi) ke Lembar (NTB) dialihkan melalui Pelabuhan Jangkar Situbondo.

"Ada lima kapal angkutan penyeberangan Jangkar-Lembar melayani penumpang dari Pulau Jawa ke Lembar, dan pola penyeberangan dilakukan dengan sistem silang, yakni kapal dari Jangkar berangkat ke Lembar dan kembali lagi ke Jangkar, dan seterusnya," katanya di Situbondo, Jawa Timur, Jumat.

Lima kapal penyeberangan dari Pelabuhan Jangkar ke Pelabuhan Lembar, di yakni KMP Dharma Ferry IX, Jambo X, Nawasena, Tunu Pratama 5888, dan Swarna Cakra.

Baca juga: ASDP secara bertahap terapkan tiket elektronik rute Situbondo-Madura

Baca juga: ASDP Ketapang mulai sosialisasi tarif tiket terpadu Situbondo-Madura


Tri Wahyono menjelaskan, rute penyeberangan menuju Lembar merupakan upaya untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang dimungkinkan terjadi di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, pada momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Biasanya, kata ia, ketika libur Natal dan tahun baru terjadi lonjakan penumpang dan untuk menghindari kemacetan di Ketapang, sehingga perlu dialihkan penyeberangan Pelabuhan Jangkar.

Tri Wahyono menyebutkan kapal penyeberangan dari Pelabuhan Jangkar ke Lembar maksimal punya bobot 42 ton.

"Pelabuhan Jangkar juga punya jembatan timbang untuk memastikan tidak ada kendaraan yang akan menyeberang melebihi bobot 42 ton," katanya.

Data diperoleh, harga tiket terbaru penyeberangan dari Jangkar ke Lembar, untuk kendaraan golongan 5 dan 6 harganya lebih murah dibanding hari biasanya, yakni lebih murah hingga Rp100.000.

Sedangkan tiket penumpang dewasa seharga Rp123.000 dan bayi Rp12.000, tiket kendaraan golongan 1 harganya Rp138.000, golongan 2 sepeda motor Rp253.800, golongan 3 motor kopling Rp481.000.*

Baca juga: ASDP:Zona penyangga efektif tekan kepadatan di area Pelabuhan Ketapang

Baca juga: Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk dibuka kembali setelah cuaca membaik

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023