Utamakan keselamatan wisatawan
Situbondo (ANTARA) - Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengingatkan kepada pengelola wisata untuk mengutamakan keselamatan pengunjung dengan memperketat pengamanan karena tempat wisata akan makin ramai dikunjungi wisatawan selama libur Lebaran 2024.

"Kami ingatkan kepada semua pengelola wisata agar memberikan keamanan dan kenyamanan kepada pengunjung. Utamakan keselamatan wisatawan," katanya saat menemui salah satu pengelola wisata Pantai Beach Forest di jalur pantura Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Sabtu.

Kapolres Dwi SR menegaskan bahwa tempat wisata harus mendapatkan pengamanan yang ketat apalagi wisata laut sebagai bentuk antisipasi terjadinya kasus tenggelam dan peristiwa lainnya yang membahayakan pengunjung.

Keselamatan dan kenyamanan wisatawan di tempat wisata, kata dia, harus menjadi prioritas utama terlebih pada libur panjang Lebaran akan terjadi lonjakan wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata.

Ada beberapa tempat wisata di sepanjang jalur pantura Situbondo, dan menjadi favorit masyarakat di antaranya Wisata Bahari Pasir Putih, wisata Kampung Kerapu, Kampung Blekok dan Pantai Banongan.

"Wisata alam di sisi pantura ini selalu ramai dikunjungi karena terkadang masyarakat mampir untuk berwisata sepulang dari rumah saudaranya," ujar Kapolres.

Baca juga: Menhub sebut fokus layanan mudik bergeser pada keselamatan wisatawan
Baca juga: Pemkab Trenggalek siagakan belasan penjaga pantai sambut libur Lebaran


Kapolres Dwi juga mengimbau kepada para wisatawan untuk menjaga barang bawaan dan anak-anaknya serta mematuhi rambu lalu lintas dan patuh terhadap arahan petugas.

"Pengunjung tempat wisata juga kami ingatkan untuk mengutamakan keselamatan saat beraktivitas di tempat wisata pantai atau berbasis air seperti tempat pemandian," ujar dia.

AKBP Dwi SR juga melaksanakan patroli laut dan memantau beberapa titik lain seperti area berjualan, tempat parkir hingga kawasan pantai yang kerap dijadikan tempat beraktivitas wisatawan.

Kapolres juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada personel Posko Coast Guard yang terdiri dari gabungan TNI, Polri dan Tim SAR karena sudah melaksanakan tugas dengan baik dan bersinergi untuk menciptakan wisata aman dan nyaman selama libur Lebaran.

"Laksanakan tugas dengan ikhlas dan profesional untuk memberikan pelayanan kepada pengunjung wisata agar nyaman selama berlibur di wisata Pasir Putih," katanya.

Baca juga: Wisatawan diminta patuhi imbauan keselamatan di Pantai Selatan Malang
Baca juga: Bintang: Keamanan-keselamatan di daerah wisata harus jadi prioritas
Baca juga: Pemkab Batang ingatkan pengelola wisata meningkatkan keselamatan

 

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024