Situbondo (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Situbondo menanam ratusan bibit tanaman bakau (mangrove) untuk mencegah abrasi di kawasan Pantai Cemara Desa Duwet, Situbondo, Jawa Timur, Jumat.

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengatakan penanaman bibit tanaman bakau ini serentak dilaksanakan Polda dan Polres jajaran seluruh Indonesia dalam rangka memperingati HUT Ke-72 Humas Kepolisian Republik Indonesia.

"Penanaman ratusan bibit mangrove itu untuk mencegah terjadinya abrasi dan juga untuk mencegah terjadinya pemanasan global akibat perubahan iklim," ujar AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto kepada wartawan di Situbondo, Jawa Timur, Jumat.

Baca juga: Polres Pasangkayu gelar aksi tanam 1.000 pohon

Kapolres berharap dengan kegiatan penanaman bibit bakau ini juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya di kawasan pesisir untuk berpartisipasi menjaga kelestarian lingkungan.

"Lingkungan dijaga bersama, maka akan lestari, sehingga dapat bermanfaat bagi generasi selanjutnya," tutur dia.

Baca juga: Polres Bangka tanam 1.000 bibit mangrove di pesisir

Untuk pemeliharaan tanaman bakau di kawasan wisata Pantai Cemara itu, Polres Situbondo bekerja sama dengan masyarakat dan relawan Yayasan Gajah Sumatera (Yagasu) yang fokus merestorasi lahan krisis seperti di kawasan pesisir.

"Penanaman sekitar 500 bibit tanaman bakau di Dusun Paras, Desa Duwet, Kecamatan Panarukan ini juga atas kerja sama Pemerintah Kabupaten Situbondo, Kecamatan Panarukan, Desa Duwet, dan relawan Yagasu," ujarnya.

Baca juga: Polres Kolaka bersama Forkopimda tanam 1.000 mangrove di Tahoa

Kegiatan penanaman bakau oleh Polres Situbondo juga dihadiri Kapolsek bersama Danramil Panarukan, Kades Duwet, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Duwet, relawan Yagasu, dan masyarakat setempat.

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023