Kudus (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan bekerja sama dengan anggota DPR RI Komisi XI Musthofa menggelar edukasi dan literasi keuangan terhadap masyarakat di Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, yang dikemas dengan pentas seni ketoprak.

"Biasanya sosialisasi dan edukasi literasi keuangan digelar secara formal, maka untuk kali ini digelar secara non formal yang dikemas dengan pentas budaya seni ketoprak," kata Anggota DPR RI Komisi XI Musthofa di Kudus, Sabtu.

Hal itu tentunya demi merajut kebersamaan dan membangun kebinekaan, bahwa masyarakat menghendaki bisa bersama-sama bisa melaksanakan pesta rakyat yang di dalamnya juga ada pameran UMKM sehingga bisa menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

Untuk membangun ekonomi kerakyatan, kata dia, tidak hanya secara formal, tetapi bisa ditempuh pula dengan cara nonformal.

Apalagi, imbuh dia, belum semua masyarakat paham dan mengetahui lembaga OJK, sehingga melalui sosialisasi yang dikemas dengan pertunjukan budaya dan pesta rakyat ini tentunya masyarakat pedesaan dari berbagai lapisan juga akan mengetahuinya.

Dengan kemasan pentas budaya, akhirnya mampu menarik minat masyarakat menghadiri acara sosialisasi dan edukasi keuangan yang digelar di Lapangan Desa Loram Wetan, Kecamatan Jati, Jumat (18/8) malam. Jumlah pengunjung diperkirakan mencapai ribuan dari berbagai lapisan masyarakat.

"Hal terpenting bagaimana mendidik masyarakat lebih melek keuangan di era digitalisasi sistem keuangan," ujarnya. ***1***

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023