Jakarta (ANTARA) -
Kejuaraan Antarkampung (Tarkam) resmi dimulai pada Sabtu dengan seremoni kick-off nasional berlangsung di Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel) yang diramaikan ribuan peserta.
 
Dengan menggelar senam bersama di Lapangan Cilenggang, Serpong yang dilanjutkan dengan defile para peserta, Tangsel menjadi daerah pembuka Kejuaraan Tarkam yang akan digelar di 100 titik di Indonesia hingga akhir 2023.
 
Atletik, bola voli, dan tenis meja menjadi tiga cabang olahraga pilihan yang dipertandingkan oleh Kabupaten Tangsel.

"Kabupaten Tangsel berterima kasih kepada Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga). Ini sangat luar biasa, ada banyak atlet yang ambil bagian dan ribuan perwakilan dari kecamatan yang hadir," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Tangsel Mursinah dalam pernyataan resmi yang diterima, Sabtu.
 
Mursinah menambahkan Kejuaraan Tarkam tersebut diharapkan dapat menjadi ajang bagi atlet-atlet setempat memperlihatkan kualitasnya, dan bersaing sampai level nasional.

Baca juga: Kemenpora ungkap penyebab sepak bola tidak dimasukkan Kejuaraan Tarkam
 
Sementara itu, Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta yang mewakili Menpora Dito Ariotedjo, menyambut gembira dimulainya Kejuaraan Tarkam.
 
"Ini kick off-nya ajang yang digagas Pak Presiden (Joko Widodo) dan ditindak lanjuti Menpora Dito Ariotedjo. Dengan dimulainya Tangsel, selanjutnya akan diikuti daerah lain dari Papua hingga Aceh," ujar Isnanta.
 
"Jadi Tangsel akan menjadi role model, tunjukkan sportivitas, disiplin, dan penampilan harus yang terbaik karena ini akan dilihat dan jadi contoh secara nasional," tambahnya.
 
Isnanta juga menyampaikan bahwa ia melihat banyak potensi yang dapat muncul, seperti di cabang olahraga atletik yang sempat dipertandingkan pada pembukaan.
 
"Saya lihat tadi banyak talenta muda yang bertanding. Tunjukkan catatan waktu tercepat, hasil terbaik, karena juara, peringkat dua dan tiga bisa berjumpa di seri nasional di Jakarta. Nanti setelah daerah yang lain tuntas, ada kans jumpa di seri nasional," pungkas Isnanta.

Baca juga: Tim Cheerleading Indonesia siap berkompetisi di Kejuaraan Dunia

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023