Jakarta (ANTARA) -
Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Asosiasi Intelektual Properti Kreatif Indonesia (AIPI) mengajak anak muda mengenal berbagai karakter kekayaan intelektual asli seniman Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Andhika Permata, yang ditemui di Monas Jakarta, Sabtu, mengatakan melalui kerja sama ini pihaknya ingin memperkenalkan karakter kekayaan internasional di ruang terbuka agar semua segmen pengunjung dapat menikmati karakter-karakter yang sudah menjadi fenomena di media sosial, terutama anak sekolah.

"Jadi mereka adalah masa depan bangsa, anak-anak dari mulai SD SMP SMA kita ingin mereka sejak dini tahu ini adalah karakter kekayaan intelektual punya bangsa Indonesia," ucap Andhika.

Baca juga: Indonesia diharapkan bisa kembangkan IP dari para pelukis Tanah Air
 
Peresmian oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Andhika Permata, bersama para kreator di Festival Karakter Kekayaan Intelektual (FKKI) 2023 di taman Selatan Monas, Jakarta, Sabtu (19/08/2023) (ANTARA/Fitra Ashari)


Andhika juga mengatakan adanya gelaran di ruang terbuka juga akan dengan mudah mempromosikan destinasi wisata Jakarta tepatnya di kawasan internasional melalui media sosial. 

Pameran ini menghadirkan 15 Kekayaan Intelektual Kreatif Indonesia ternama seperti Trungtung, Tickle Fickle, Fun Cican, Gugug!, Biklan, Kunokai, Mora & Olfi, Nomnomsters, Volt, Petir, Petualangan Sherina 2, Vernalta, Dalang Pelo, Balpil, dan Mice Cartoon. 

Pengunjung akan dapat berkenalan secara langsung dari masing-masing karakter melalui informasi yang bisa di pindai melalui barcode. Selain itu juga ada sebuah instalasi khusus yang terinspirasi dari Istana Negara di Ibu Kota Nusantara.
 
Instalasi karakter kekayaan intelektual di Festival Karakter Kekayaan Intelektual (FKKI) 2023 di taman Selatan Monas, Jakarta, Sabtu (19/08/2023) (ANTARA/Fitra Ashari)


Sementara itu, Ketua Asosiasi Intelektual Properti Kreatif Indonesia (AIPI) Erlan Arisandi Prabowo menuturkan adanya Festival Karakter Kekayaan Intelektual 2023 ini sebagai wujud dari menghargai karakter yang sudah ada untuk tidak kalah bersaing dengan produk luar negeri serta memberi inspirasi pada kreator penerus nantinya.

"Harapannya festival ini tidak hanya mengapresiasi sebuah karya yang sudah ada tapi juga menginspirasi kepada calon-calon kreator baru untuk terus semangat membuat sebuah intelektual properti yang baru yang dapat nanti bersaing dalam ekonomi kreatif di Indonesia," ucap Erlan.

Gelaran Festival Karakter Kekayaan Intelektual 2023 dengan tema “Urban Art Unleashed” ini digelar di lokasi Taman Monas Sisi Selatan, mulai dari 19 Agustus hingga 3 September 2023. 

Festival ini juga berkesinambungan dalam rangka HUT Republik Indonesia ke 78 dengan rangkaian kegiatan seperti Festival Karakter Kekayaan Intelektual (FKKI), video maping FKKI dan water screen projection di Bundaran HI yang diberi nama Kirana Nusantara.

Baca juga: Kemenparekraf dukung pengembangan kekayaan intelektual gim lokal

Baca juga: Menkumham sampaikan dukungan Indonesia soal kekayaan intelektual

Baca juga: Kemenkumham: Ekosistem KI pacu pertumbuhan ekonomi nasional

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023