Tanggung jawab menyangkut akibat-akibat yang ditimbulkan berada di pihak Amerika Serikat
Moskow (ANTARA News) - Moskow memperingatkan bahwa keputusan Washington Jumat untuk menjatuhkan sanksi terhadap 18 orang, yang diyakini memiliki kaitan dalam pembunuhan tahun 2009 terhadap seorang pengacara hak asasi manusia Rusia, akan meracuni hubungan bilateral kedua negara.


"Langkah ini hanya akan menyuntikkan permusuhan terhadap hubungan Rusia-Amerika yang baru-baru ini sudah menjadi sulit," kata seorang pejabat kementerian luar negeri yang tidak disebutkan namanya kepada kantor berita Interfax.


Pengumuman soal daftar tersebut "akan mengarah kepada langkah-langka serupa oleh Rusia," kata pejabat tersebut.


"Tanggung jawab menyangkut akibat-akibat yang ditimbulkan berada di pihak Amerika Serikat."


Amerika Serikat pada Jumat mengumumkan bahwa pihaknya telah menjatuhkan sanksi keuangan terhadap 18 orang yang dinilai memiliki kaitan dalam penanganan oleh Moskow menyangkut kasus Sergei Magnitsky, seorang pengacara hak asasi manusia yang meninggal di penjara.


AS juga diperkirakan akan mengumumkan nama sejumlah --kemungkinan-- orang Rusia yang masuk dalam daftar sanksi.


Mereka juga dimasukkan dalam daftar hitam orang-orang yang tidak akan mendapatkan visa untuk masuk ke Amerika Serikat di bawah program "Undang-undang Sergei Magnitsky".


Moskow bereaksi dengan kemarahan ketika AS tahun lalu mengesahkan UU Magnitsky dan, sebagai tindakan balasan, parlemen Rusia mengesahkan undang-undang yang melarang keluarga-keluarga Amerika Serikat mengadopsi anak-anak Rusia.


Sejak saat itu, kementerian luar negeri Rusia telah menarik daftar hitam yang dibuatnya sendiri dan berisi nama-nama pejabat AS yang dianggap telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013