Jakarta (ANTARA) - Victor Osimhen dari Napoli dan penyerang Inter Milan Lautaro Martinez masing-masing mengukir dwigol pada pekan pembukaan Liga Italia, Sabtu setempat atau Minggu dini hari WIB.

Juara bertahan Napoli mengawali perjuangannya mempertahankan gelar dengan bertandang ke markas Frosinone di Stadio Benito Stirpe. Mereka sempat dikejutkan oleh gol penalti Abdou Harroui yang dibukukan pada menit ketujuh akibat pelanggaran Jens Cajuste, sebelum kemudian bangkit dan membalikkan keadaan.

Partenopei menyamakan kedudukan pada menit ke-24 melalui gol Matteo Politano yang memaksimalkan kemelut di kotak penalti. Politano lantas melepaskan tembakan kaki kiri tanpa dapat diantisipasi kiper Stefano Turati.

Osimhen kemudian membawa Napoli berbalik memimpin pada menit ke-42. Diawali keberhasilan Giovanni Di Lorenzo memenangi duel perebutan bola, Di Lorenzo lantas mengirimkan umpan kepada Osimhen yang mengeksekusinya tanpa mengontrolnya sama sekali. 2-1 untuk keunggulan Napoli.

Baca juga: Inter Milan pinjam Marko Arnautovic dari Bologna

Penyerang asal Nigeria itu kemudian mengamankan raihan tiga poin saat pertandingan tinggal menyisakan 11 menit, setelah dikirimi umpan mudah oleh Di Lorenzo, untuk sekali lagi menaklukkan Turati. Skor 3-1 untuk keunggulan Napoli bertahan sampai peluit panjang berbunyi.

Di sisi lain, penampilan apik Osimhen kemungkinan akan membuat klub-klub raksasa semakin menginginkan jasanya. Osimhen saat ini sedang menegosiasikan perpanjangan kontrak dengan Napoli.

"Presiden adalah bosnya. Kami masih bernegosiasi, mungkin pada akhir bursa transfer kita akan melihat apa yang terjadi," kata Osimhen seperti dikutip dari AFP.

"Namun saat ini saya adalah pemain Napoli, itulah yang terpenting, dan saya akan memberikan jiwa dan raga saya untuk tim," tambahnya.

Ketajaman Martinez
Inter meraih kemenangan meyakinkan saat menjamu Monza, yang didapat berkat ketajaman kapten Martinez.

Penyerang asal Argentina itu kalah lima gol dari Osimhen dalam daftar pencetak gol terbanyak musim lalu. Martinez kini memberi sinyal bahwa dirinya akan kembali terlibat dalam persaingan tersebut saat membuka keunggulan Inter pada menit kedelapan.

Baca juga: AS Roma resmi kontrak Renato Sanches dengan status pinjaman

Mendapat umpan silang mendatar dari Denxel Drumfries, Martinez dengan cepat membuka keran golnya untuk Inter musim ini.

Meski Monza memberikan perlawanan sengit, namun Martinez memastikan Inter meraih tiga poin pada menit ke-76. Ia kembali melakukan penyelesaian sederhana, kali ini menyambut umpan silang Marko Arnautovic.

"Hari ini kami membuat pernyataan, dan kami melakukannya. Kami adalah tim yang bagus dan kami mendatangkan pemain-pemain bagus, semuanya siap pada hari ini, termasuk para pemain baru," ujar Martinez.

Fiorentina hancurkan Genoa
Fiorentina menghancurkan Genoa dengan skor 4-1 untuk membuka musim dengan sangat positif.

Tim asal Firenze itu memberi kepercayaan kepada penyerang Mateo Retegui untuk tampil sejak awal. Tetapi justru Cristiano Biraghi dan Giacomo Bonaventura yang membawa Fiorentina memimpin berkat gol-gol mereka di menit kelima dan 11.

Baca juga: MU dapat lampu hijau untuk boyong Sofyan Amrabat dari Fiorentina

Genoa yang baru promosi kembali ke strata teratas Liga Italia, kembali kemasukan pada menit ke-40 saat Nicolas Gonzalez menanduk bola tendangan sudut Biraghi untuk bersarang ke gawang tuan rumah.

Rolando Mandragora lantas menutup kemenangan Fiorentina melalui golnya pada menit ke-56, berkat keberhasilannya menanduk umpan lambung terobosan kiriman Bonaventura.

Davide Biraschi merestorasi harga diri Genoa dengan gol hiburannya pada menit ke-58, untuk memberi peringatan kepada timnya bahwa pekerjaan rumah mereka masih banyak untuk dapat bertahan di Serie A musim ini.

Kemenangan-kemenangan yang diraih Napoli, Inter, dan Fiorentina membawa mereka menduduki tiga besar klasemen dengan koleksi tiga poin. Namun Fiorentina berhak menjadi pemuncak klasemen karena keunggulan selisih gol atas dua pesaingnya pada pekan pertama.

Baca juga: Vincenzo Italiano kecewa timnya kalah pada final UECL

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023