Mudah-mudahan turnamen nasional pertama yang diadakan PB Pergatsi pada 24 dan 25 Mei mendatang di Jakarta sudah bisa menggunakan peraturan baku ini,"
Tangerang Selatan (ANTARA News) - Olah raga gateball di Indonesia segera memiliki peraturan permainan baku yang akan diberlakukan secara nasional, setelah rancangan akhir peraturan tersebut rampung dibahas oleh perwakilan komunitas gateball dari sejumlah provinsi di Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, Sabtu petang.

Pembahasan rancangan akhir peraturan gateball itu berlangsung sehari penuh di markas klub gateball Chili Hut di kawasan Pondok Cabe, diikuti perwakilan dari Bali yang selama ini dikenal sebagai basis utama gateball di Indonesia, Yogyakarta, DKI, Banten, Jawa Barat dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pendiri Chili Hut, Puja Samedhi, selaku inisiator dan fasilitator pertemuan itu mengungkapkan rasa syukurnya bahwa akhirnya rancangan peraturan tersebut dapat disepakati bersama sebagai produk komunitas gateball Indonesia.

Rancangan peraturan itu selanjutnya akan diserahkan sebagai masukan bagi Pengurus Besar Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (PB Pergatsi) dalam menetapkan peraturan permainan yang baku secara nasional.

"Selama ini komunitas gateball Indonesia menggunakan peraturan yang dibuat oleh Persatuan Gateball Dunia (WGU), yang di dalamnya banyak bersisi pasal multitafsir sehingga seringkali menimbulkan permasalahan di lapangan," katanya.

Menurut Puja, peraturan WGU tetap menjadi sumber utama penyusunan rancangan itu, oleh karenanya pembahasan lebih banyak pada mencari solusi atas pasal-pasal yang multitafsir.

"Mudah-mudahan turnamen nasional pertama yang diadakan PB Pergatsi pada 24 dan 25 Mei mendatang di Jakarta sudah bisa menggunakan peraturan baku ini," ujarnya.

Sekjen PB Pergatsi Setiabudi Algamar ketika membuka pertemuan di Pondok Cabe itu menyatakan kegembiraan dan penghargaannya melihat antusias komunitas gateball di Tanah Air dalam menyusun rancangan peraturan tersebut.

"Usia kita (Pergatsi) baru dua tahun, namun perkembangan gateball di Tanah Air terlihat luar biasa pesat. Ini belum tentu ada pada cabang olahraga lain," katanya.

Gateball dewasa ini belum begitu populer di Indonesia. Olahraga yang lahir di Jepang tahun 1947 ini masuk Indonesia sudah cukup lama lewat Bali, dibawa oleh turis dari negara Sakura. Kendati begitu, karena perkembangannya yang cukup pesat, gateball baru-baru ini sudah diterima masuk di bawah naungan pembinaan Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI), kata Puja Samedhi.
(H002)     

Pewarta: Heru Purwanto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013