Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Zahran Nizar Fadhlan, siswa asal SMAN 1 Padang, yang berhasil meraih medali perunggu bersama Tim Indonesia pada ajang Olimpiade Astronomi dan Astrofisik tingkat Dunia di Polandia.

"Prestasi tingkat dunia yang diraih Zahran ini membuktikan bahwa kualitas pelajar Sumatera Barat, mampu bersaing di tingkat internasional," katanya di Padang, Minggu.

Ia berharap prestasi yang diraih Zahran bisa menjadi pelecut semangat dan motivasi bagi pelajar lainnya, khususnya di tingkat SMA sederajat agar terus berusaha meraih prestasi dan mengharumkan nama Sumbar di tingkat nasional, bahkan hingga ke tingkat internasional.

Apresiasi juga dilontarkan oleh Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar, Audy Joinaldy. Menurutnya, prestasi yang diraih Zahran turut menjadi kado Kemerdekaan RI untuk Sumatera Barat.

"Kita berdoa, bahwa prestasi yang diraih Zahran hari ini membuka keran prestasi-prestasi lainnya. Sehingga, menjadi tangga bagi Zahran untuk menggapai kesuksesan di masa depan," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar, Hansastri juga memberikan ucapan selamat kepada Zahran beserta tim, yang berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di Polandia pada momen bergengsi seperti Olimpiade Astronomi dan Astrofisik.

"Semoga prestasi ini dapat diikuti oleh pelajar-pelajar kita yang lain di Sumbar," katanya.

Informasi tentang prestasi yang diraih siswa SMA 1 Padang itu dipantau pada live streaming Closing of 16th International Olympiad on Astronomy and Astrophysics, yang ditayangkan pada akun Planetarium Snaskie.

Dalam perlombaan itu Zahran menjadi salah satu dari empat orang anggota tim utusan Indonesia yang berhasil membawa pulang medali perunggu dari ajang tingkat dunia tersebut.*


Baca juga: Pelajar MI Cokroaminoto Surabaya raih medali emas di ISSERR Romania
Baca juga: Kemendikbudristek: Indonesia raih empat medali dalam iGeo 2023

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023