Jakarta (ANTARA) - Pebalap Indonesia Veda Ega Pratama berhasil menorehkan prestasi dengan dengan meraih podium pertama Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) Sepang 2023 Race 2, Minggu, setelah menempati posisi runner-up atau podium kedua dalam Race 1, Sabtu (19/8).

Dalam balapan Race 2 ajang pebalap junior itu, Veda berhasil mengalahkan pebalap Jepang Riichi Takahira yang berada di podium kedua, sementara pebalap Jepang Zen Mitani menempati podium untuk pertama kalinya pada 2023 dengan perjuangan keras di posisi ketiga.

Veda memulai balapan Race 2 dari posisi terdepan. Dalam catatan di laman resmi Asia Talent Cup diketahui bahwa pebalap binaan Astra Honda Motor (AHM) itu berhasil mempertahankan posisi di Tikungan 1, tetapi Takahira, pemenang Race 1, memimpin di Tikungan 3.

Di akhir lap pembuka, Veda, yang berusia 14 tahun, turun ke posisi ketiga saat Amon Odaki mencoba menerkam di tikungan terakhir untuk menjadikan dua pebalap Jepang menguasai posisi pertama dan kedua.

Namun, dengan delapan lap tersisa, Veda kembali memimpin. Menjelang lap terakhir Takahira mendapat tekanan dari Mitani, sementara Ryota Ogiwara dan Odaki berusaha memburu podium.

Baca juga: Indonesia Raya membahana di Buriram setelah Veda Ega juara Race 2 ATC

Akhir lap menjadi pertarungan dua arah untuk meraih kemenangan antara Veda dan Takahira. Namun, Veda tancap gas dan menuju lap terakhir dengan memperjauh jarak menjadi 1,7 detik.

Veda tidak membuat kesalahan dan mengklaim kemenangan pertamanya musim ini, mengalahkan Takahira dengan perbedaan waktu 2,3 detik, saat Mitani menyisihkan Ogiwara untuk podium terakhir setelah Odaki keluar dari posisi ketiga di Tikungan 6 lap terakhir.

Jakkreephat Phuettisan menutup lima besar, finis tepat di depan Hamad Al-Sahouti, Hafizd Fahril Rasyadan, Farres Putra, Farish Hafiy dan Ahmad Darwisy, yang melengkapi 10 besar.

Sementara pebalap Indonesia Hafizd Rasyadan masuk 10 besar dengan finis di posisi kedelapan, pebalap Merah Putih lainnya Reykat Fadilah finis di posisi ke-11, Chessy Meilandri di posisi ke-13, dan Jorge Raphael Gading di posisi ke-15.

Klasemen saat ini menunjukkan bahwa Veda dan Takahira menjadi dua pebalap teratas dengan masing-masing memegang 45 poin setelah keduanya berbagi podium di sirkuit Sepang.

Baca juga: Veda Ega Pratama menangkan Race 2 IATC 2022 di Sirkuit Mandalika

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023