Unit donor darah PMI di Medan sudah bisa mencapai 5.000 sampai 6.000 kantong per bulan rata-ratanya, ini sudah lebih dari rata-rata kebutuhan masyarakat Kota Medan
Medan (ANTARA) - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan, Sumatera Utara, Musa Rajekshah mengatakan progres kerja PMI Kota Medan menunjukan peningkatan karena dapat mengumpulkan sekitar 5.000 sampai 6.000 kantong darah per bulan.

“Pekerjaan kita Alhamdulilah, setiap tahun ada progresnya terutama terkait penyediaan kantong darah. Unit donor darah PMI di Medan sudah bisa mencapai 5.000 sampai 6.000 kantong per bulan rata-ratanya, ini sudah lebih dari rata-rata kebutuhan masyarakat Kota Medan," kata Ijeck sapaan akrab Musa Rajekshah pada acara Musyawarah Kerja Kota (Mukerkot) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan, di Medan, Ahad.

Namun, kata Ijeck, pencapaian ini diharapkan bisa dibarengi dengan peningkatan pelayanan unit lainnya, seperti ambulans dan mobil jenazah.

Menurut dia tugas dari PMI tidak hanya mengumpulkan kantong darah saja melainkan juga mengurus bantuan sosial lainnya.

"Niat tujuan kita bekerja tidak hanya untuk kantong darah saja, karena kita ada unit pelayanan ambulans dan mobil jenazah," katanya.

Ia mengatakan PMI Kota Medan memiliki tujuh unit mobil pelayanan ambulans dan mobil jenazah untuk membantu dan melayani masyarakat yang membutuhkannya.

"PMI Kota Medan tak bisa menjalankan ini setiap hari karena jaraknya terkadang jauh, kecamatan-kecamatan lebih pas, lebih dekat langsung ke masyarakat. Mungkin menjadi catatan nanti untuk bisa kita bahas kembali bagaimana kendaraan-kendaraan ini bisa didistribusikan,” katanya

Pihaknya berharap seluruh pengurus hingga tingkat kecamatan untuk lebih berperan aktif membantu masyarakat karena komitmen bergabung di PMI adalah kontes kemanusiaan sehingga rasa ikhlas dan rela berkorban harus terus ditanamkan.

“Saya berharap seluruh pengurus hingga kecamatan berkontribusi dengan baik sehingga PMI bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata Musa Rajekshah.

Sementara itu, Ketua Harian PMI Kota Medan John Ismadi Lubis menyampaikan rapat kerja ini untuk mengevaluasi program yang sudah dilakukan dan merencanakan apa yang dilakukan ke depannya dengan mengacu pada tujuh prinsip dasar gerakan PMI dan Bulan Sabit Merah.

“Sukarelawan PMI Kota Medan sampai saat ini tersebar di 107 sekolah di tingkat SD, SMP, SMA atau sederajat dan delapan perguruan tinggi yang ada di kota Medan, untuk pelayanan ambulans, katanya.

"Kita memiliki tujuh ambulans yang digunakan untuk memberikan pelayanan jenazah dan gawat darurat. Sampai saat ini unit donor darah kita sudah bisa memproduksi 5.000-6.000 kantong per bulan artinya kita sudah memenuhi persyaratan secara nasional,” demikian Jhon Ismadi Lubis.

Baca juga: Stok darah di PMI Medan menipis selama pandemi COVID-19

Baca juga: PMI Medan surplus ribuan kantong darah setiap bulan

Baca juga: PMI Medan luncurkan mobil jenazah gratis

Baca juga: Stok Darah di PMI Medan Kosong

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023