Harapannya, penerima manfaat yang berada di garis rentan segera naik kelas karena meningkat kesejahteraannya
Mojokerto (ANTARA) -
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerahkan bantuan sosial untuk masyarakat rentan dan zakat produktif bagi pelaku usaha ultra mikro di Kantor Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Minggu.
 
"Adapun bantuan yang diserahkan ialah bansos PKH Plus untuk 30 penerima, masing-masing senilai Rp500 ribu diterimakan empat kali dalam setahun atau total menerima Rp2 juta," katanya di Mojokerto.
 
Ia mengatakan, dalam kesempatan tersebut juga diberikan bantuan asistensi sosial penyandang disabilitas (ASPD) untuk 7 orang penerima dengan total yang diterima Rp900 ribu per tahap.
 
"Kemudian alat bantuan disabilitas berupa kursi roda standar untuk dua penerima," ujarnya.

Baca juga: KSP: Anggaran beasiswa-bansos pendidikan naik jadi Rp35,9 triliun 2024
 
Ia mengatakan, pihaknya juga menyalurkan bantuan sosial kelompok usaha bersama (KUBE) untuk 20 penerima masing-masing Rp3 juta, bansos wanita rawan sosial ekonomi (WRSE) kepada 20 orang senilai Rp3 juta per orang.
 
"Kemudian tali asih senilai Rp 500 ribu untuk 18 orang TKSK dan 20 tagana serta zakat produktif senilai Rp500 ribu untuk 50 pelaku usaha ultra mikro," ujarnya.
 
Ia mengatakan, bantuan sosial yang diserahkan hari ini adalah sebagai bantalan sosial bagi masyarakat.
 
"Harapannya, penerima manfaat yang berada di garis rentan segera naik kelas karena meningkat kesejahteraannya," ujar Khofifah.
 
Terkait zakat produktif, Gubernur Khofifah juga menyampaikan, pemberian bantuan ini merupakan kolaborasi dengan berbagai pihak seperti dari dari CSR private sector.
 
“Kita perkuat kolaborasi untuk membantu pelaku usaha ultra mikro agar terhindar dari jeratan rentenir,” ujarnya.

Baca juga: Kepulauan Seribu-Dinsos DKI distribusikan Bansos PKD ke ratusan KPM
 
Kepala Dinas Sosial Provinsi Jatim Restu Novi Widiani mengatakan bahwa Kabupaten Mojokerto menerima seluruh bantuan sosial yang telah dicantumkan dalam APBD Pemprov Jatim. Namun, ada satu bantuan yang belum tersalurkan karena masih dalam proses pembukaan rekening kolektif.
 
“Ada bantuan kemiskinan ekstrim yang belum tersalurkan. Insya Allah minggu depan sudah bisa kami salurkan,” ucapnya
 
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menyampaikan rasa terima kasihnya atas kehadiran Gubernur Khofifah yang turut memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Mojokerto utamanya di Kecamatan Puri.
 
“Kami bersyukur Pemprov Jatim memberikan perhatian bagi Kabupaten Mojokerto. Saya mewakili warga Kabupaten Mojokerto mengucapkan terima kasih dan mudah-mudahan Ibu Gubernur selalu hadir diantara kita semua untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakat,” ujarnya
 
Salah satu penerima manfaat bansos, Rubini mengungkapkan rasa bahagianya saat menerima bantuan tersebut.
 
"Alhamdulillah sangat senang bisa menerima bantuan dari Ibu Gubernur, bantuan ini akan kami manfaatkan dengan baik. Matur nuwun sanget Ibu," ucapnya.

Baca juga: Efektivitas bansos kunci tekan kemiskinan ekstrem hingga nol persen

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023