Batam (ANTARA) - Jadwal operasional pelayaran internasional di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, ditambah menjelang pelaksanaan "Tour de Batam" pada September 2023.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam Ardiwinata di Batam, Ahad mengatakan, dengan adanya "Tour de Batam" diharapkan memberikan beragam efek bagi sektor pariwisata.

"Target wisman Batam tahun ini adalah dua juta angka kunjungan. Salah satu yang bisa menarik wisman adalah acara," katanya.

Dia berharap yang datang tidak saja peserta. "Namun juga wisman untuk menyaksikan acara 'sport tourism' ini," kata Ardi.

Baca juga: PHRI: Okupansi hotel di Batam meningkat hingga 80 persen

Menurut dia, acara tersebut bisa membuat tingkat hunian di resort maupun hotel yang ada di Kota Batam bertambah. Ada empat resort yang telah menerima pesanan kamar, yaitu Turi Beach, Nongsa Poin Marina, Batam View dan Montigo Resort.

"Alhamdulillah, laporan dari panitia yang pesan kamar dalam acara ini sudah penuh. Ini yang kami harapkan multi efek di sektor pariwisata," ujar dia.

Sales and Manager Operasional Batam Fast, Derick mengatakan, sebagai salah satu operator kapal internasional, pihaknya sangat siap dalam kesiapan armada untuk mendukung agenda pariwisata Batam.

Ia menyampaikan "Tour de Batam" diharapkan salah satu kegiatan yang bisa mendorong semakin banyaknya wisman berkunjung ke Batam.

Baca juga: Batam siap jadi "travel hub" perjalanan pariwisata di kawasan ASEAN

Kata Derick, dalam mendukung pelaksanaan acara bersepeda yang berskala internasional itu, operator Kapal Fery Batam Fast siap mendukung menambahkan jumlah keberangkatan Singapura-Nongsa Pura jBatam) dan sebaliknya.

"Saat ini normal ada 3 jadwal keberangkatan di Pelabuhan Nongsa Pura. Saat acara nanti, kemungkinan akan ditambah tiga atau lebih agar bisa memenuhi kebutuhan dalam menyukseskan acara 'sport tourism' tersebut," ujar dia,

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan bagasi yang layak untuk membawa sepeda milik peserta dan barang lainnya.

"Kursi kapal juga kita sudah kurangi atau di desain seperlunya untuk menyesuaikan bagasi penumpang," kata Derick.
 

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023