... untuk membuat Eropa jadi lebih luwes dan bersaing... "
Berlin (ANTARA News) - Kanselir Jerman, Angela Merkel, dan Perdana Menteri Inggris, David Cameron, mengadakan pembicaraan pada Sabtu (13/4), dan sepakat mengupayakan Uni Eropa yang lebih luwes dan bersaing.

"Mereka sepakat mengenai mendesaknya untuk membuat Eropa jadi lebih luwes dan bersaing dan membicarakan berbagai cara untuk mewujudkan itu," kata Downing Street di dalam satu pernyataan.

Menurut pernyataan tersebut, Cameron menetapkan pendekatannya bagi pembaruan Eropa, sebagai tindak-lanjut pidatonya pada Januari, ketika ia berjanji ia akan merundingkan hubungan baru dengan Uni Eropa dan memberi rakyat Inggris pilihan melalui referendum.

Sebagai reaksi, Merkel telah mengatakan Jerman siap membahas dengan Inggris mengenai masalahnya tentang Uni Eropa dan membantu menemukan kompromi guna mencegah Inggris keluar dari organisasi regional itu.

Selama pertemuan mereka pada Sabtu, kedua pemimpin tersebut juga sepakat untuk memperlihatkan "kepemimpinan global" dalam menangani orang yang menghindari pembayaran pajak. 

Berbagai masalah internasional seperti situasi di Suriah dan pertemuan puncak mendatang G8 di bawah kepresidenan Inggris juga dibahas.

Pertemuan itu diselenggarakan di Wisma Tamu Pemerintahan Merkel di Meseburg, di luar Berlin. Istri Cameron, Samantha dan tiga anak mereka, juga diundang.

(C003)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013