Washington (ANTARA) - Pemerintah Joe Biden akan meminta seluruh orang Amerika untuk disuntik dosis penguat vaksin COVID-19 pada musim gugur ini guna melawan gelombang baru infeksi, kata pejabat Gedung Putih pada Minggu waktu setempat.

Menurut Biden, meski Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit melaporkan peningkatan infeksi dan pasien rumah sakit akibat virus tersebut, namun secara keseluruhan levelnya masih rendah.

Pada Kamis produsen obat Moderna mengatakan data awal menunjukkan vaksin COVID-19 mereka yang telah diperbarui efektif terhadap subvarian "Eris" dan "Fornax" pada manusia.

Moderna dan produsen vaksin COVID-19 lainnya seperti Novavax, Pfizer dan mitranya dari Jerman BioNTech telah menciptakan vaksin versi baru yang ditujukan untuk subvarian XBB.1.5.

Sambil menunggu persetujuan otoritas kesehatan di Amerika Serikat dan Eropa, perusahaan itu berharap vaksin COVID-19 tersebut tersedia dalam beberapa pekan ke depan untuk vaksinasi musim gugur.

"Kami akan mendesak seluruh warga Amerika untuk mendapatkan dosis penguat (vaksin COVID), selain vaksin influenza dan RSV," katanya, merujuk pada Respiratory Syncytial Virus (jenis virus yang menginfeksi saluran pernapasan).

Sumber: Reuters
Baca juga: Biden terima suntikan vaksin booster COVID-19 terbaru
Baca juga: Biden: Vaksin booster COVID-19 gratis, mudah didapat
Baca juga: Biden akan bahas tanggapan COVID setelah CDC dukung vaksin "booster"

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023