Beijing (ANTARA) - Data Kementerian Perdagangan China menunjukkan konsumsi jasa di negara tersebut mengalami momentum pemulihan yang kuat pada Juli, dengan box office mencatatkan pertumbuhan signifikan. 

Pada Juli, pendapatan box office negara itu mencapai rekor tertinggi dalam sejarah untuk bulan tersebut, yaitu sebesar 8,72 miliar yuan (1 yuan = Rp2.100) atau sekitar 1,21 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp15.308). Angka tersebut sekitar 2,5 kali lipat dari yang tercatat pada bulan yang sama tahun lalu, menurut pihak kementerian.

Didorong oleh membaiknya sentimen konsumen dan kebijakan propertumbuhan, permintaan untuk perjalanan dan katering juga mencatatkan peningkatan lebih lanjut. Pada Juli, pendapatan industri katering mencapai 427,7 miliar yuan, melonjak 15,8 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Bulan lalu, jumlah perjalanan penumpang yang dioperasikan oleh moda transportasi kereta dan pesawat terbang masing-masing melejit 80,9 persen dan 83,7 persen, ujar kementerian itu.

Pasar konsumen terus mengalami pertumbuhan pesat, seiring penjualan retail barang-barang konsumen meningkat 2,5 persen (yoy) pada bulan lalu menjadi hampir 3,7 triliun yuan, ungkap data tersebut. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023