Kami mengajak seluruh masyarakat Jember untuk menggaungkan makanan khas Jember yang baru saja diluncurkan ini,
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Bupati Jember Hendy Siswanto meluncurkan makanan khas daerah setempat yakni rawon dengan toping pecel atau disebut rawon pecel di Alun-alun Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (20/8) malam.

Dalam peluncuran makanan khas Jember itu, Hendy didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jember Kasih Fajarini, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember Gunawan, Master Chef Indonesia Steby Rafael, dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat.

"Kami mengajak seluruh masyarakat Jember untuk menggaungkan makanan khas Jember yang baru saja diluncurkan ini," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jember, Senin.

Baca juga: Festival "Kampoeng Tempo Doeloe" hadirkan kuliner khas Nusantara

Ia mengimbau masyarakat yang sudah terbiasa untuk memasak di rumah untuk mulai memasak dan makan rawon pecel bersama keluarga karena menjadi makanan khas kabupaten setempat.

"Kalau tidak sempat memasak, mungkin bisa beli di tetangga masing-masing. Saya mengimbau seluruh masyarakat untuk menyukseskan keberadaan rawon pecel sebagai makanan khas Jember, " tuturnya.

Ia berharap masyarakat mau menghargai kuliner rawon pecel yang sudah diluncurkan sebagai makanan khas warga Pandalungan itu, sehingga bisa dikenal luas.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, rawon pecel sebagai makanan khas Jember secara resmi saya luncurkan. Ayo kita berbangga dan berbahagia karena rawon pecel menjadi makanan khas Kabupaten Jember," katanya.

Baca juga: Pakar: Kuliner tradisional berperan membentuk identitas nasional

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kasih Fajarini mengatakan rawon pecel akan dipatenkan sebagai makanan khas Jember dan pihaknya akan menyempurnakan resep maupun sajiannya karena semua ibu-ibu pasti pandai memasak.

"Kami akan sempurnakan resepnya dan melakukan sosialisasi ke 31 kecamatan tentang rawon pecel menjadi makanan khas Jember. Saya berharap akan muncul rawon pecel dengan variasi yang beragam," ujarnya.

Ia mengatakan rawon pecel memiliki rasa yang khas dibalut dengan rempah kluwek dan petis yang menjadi unggulan di Kabupaten Jember.

Peluncuran rawon pecel sebagai masakan khas Jember ditandai dengan makan bareng 1.000 piring menu makanan tersebut pada Minggu (20/8) sore dengan hanya membayar Rp1 untuk seporsi rawon pecel dengan menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) yang disediakan di sejumlah tenant oleh Bank Indonesia Jember.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023