Berlin (ANTARA News) - Dua semifinalis Liga Champions, Bayern Munich dan Borussia Dortmund, mencetak total 10 gol ketika keduanya kembali ke Bundesliga, sementara Borussia Moenchengladbach tergelincir dari perburuan tempat di Liga Europa.

Dengan lima laga tersisa, kekalahan 0-2 Gladbach dari VfB Stuttgart malam ini telah memupus harapan mereka masuk enam besar Liga Jerman, sekaligus satu tempat di Liga Europa musim depan.

Gol bunuh diri pemain Gladbach Alvaro Dominguez ditambah satu gol dari Christian Gentner pada menit 34 membuat Stuttgart naik ke posisi 12 dan menjauh dari zona degradasi, sedangkan Gladbach menempati peringkat tujuh.

Penyerang asal Korea Seltan Ji Dong-Won mencetak kedua gol Augsburg kala bertamu ke Eintracht Frankfurt dalam laga yang berkesudahan 2-0 untuk Augsburg sekaligus menjauhkan klub ini dari zona degradasi. Ausburg naik ke posisi 16.

Frankfurt tetap di peringkat enam, kendati hanya dua kali menang dalam sepuluh laga terakhirnya.

Sabtu sebelumnya Bayern yang akan menghadapi Barcelona pada semifinal Liga Champions, menghancurkan Nuremberg 4-0 di Allianz Arena, meski mengistirahatkan sembilan pemain intinya yang membawa mereka menang 2-0 melawan Juventus Rabu lalu.

Dortmund juga tampil perkasa dengan membenamkan si juru kunci Greuther Fuerth 6-1. Laga ini disaksikan pelatih Real Madrid Jose Mourinho yang akan saling berhadapan di semifinal Liga Champions.

Setelah memastikan diri menjadi juara Bundesliga sepekan sebelumnya, Bayern memperpanjang rekor tak terkalahkan di Liga Jerman menjadi 20 laga sejak kalah dari Bayer Leverkusen Oktober lalu yang adalah satu-satunya kekalahan yang diderita Bayern musim ini.

Nuremberg yang datang ke Munich dengan rekor tak terkalahkan pada sembailan laga terakhir berusaha menciptakan kemenangan pertamanya atas Bayern dalam kurun 21 tahun, namun malah langsung kebobolan pada menit kelima.

Bahkan tanpa diperkuat sembilan pemain intinya Bayern sudah unggul 3-0 dalam waktu 25 menit berkat gol dari duet Jerman Jerome Boateng dan Mario Gomez, ditambah satu dari bek Brazil Rafinha. Gelandang asal Swiss Xherdan Shaqiri lalu menciptakan gol keempat Bayern.

Bayern pun kini mengemas 78 poin, 20 poin lebih banyak dari peringkat dua Dortmund. Itu berarti kurang tiga poin dari rekor poin yang dicetak Borussia tahun lalu, 81 poin.

Setelah menang secara dramatis 3-2 di Liga Champions dari Malaga, Dortmund mengamuk di Fuerth ketika duet gelandang Jerman Ilkay Gundogan dan Mario Goetze masing-masing mencetak dua gol dalam laga yang berakhir 5-0 untuk Dortmund.  Satu gol lainnya diciptakan Robert Lewandowski.

Fuerth kini tunggal dua lagi menjadi klub Bundesliga pertama yang kalah dalam seluruh laga kandangnya.

Lewandowski selalu mencetak gol pada 11 laga terakhir atau kurang lima laga di bawah rekor Bundesliga atas nama Gerd Mueller.

Sabtu malam lalu Schalke yang menempati peringkat empat, bangkit untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2 kala melawan peringkat tiga Leverkusen.  Satu pemain Leverkusen diusir keluar lapangan dalam laga memperebutkan wakil ketiga yang otomatis lolos Liga Champions musim depan.

Hamburg mengakhiri tiga kali kalahnya dengan menang 2-1 atas Mainz berkat dua gol penyerang Korea Selatan Son Heung-Min, sedangkan Werder Bremen ditahan seri 2-2 oleh Fortuna Duesseldorf.

Hoffenheim yang terancam degradasi bermain seri 2-2 melawan Wolfsburg.  Klub itu menempati posisi 17, sedangkan Bremen dan Duesseldorf berada di atas zona degradasi, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013