Saya meresmikan sinergi BUMD untuk menanam 1.400 pohon di sejumlah lokasi
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta  berkolaborasi dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) menanam 1.400 pohon di sejumlah lokasi untuk menghijaukan Ibu Kota.
 
"Saya resmikan sinergi BUMD untuk menanam 1.400 pohon," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono   di Taman BMW, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin.

Heru yang pada kesempatan itu menutup secara resmi Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) di lingkungan BUMD, mengatakan  kegiatan menanam pohon ini juga mendapat dukungan dari Badan Pembinaan (BP) BUMD DKI Jakarta.
 
"Kita berada di sini pertama adalah untuk Porseni BUMD. Semoga semakin akrab untuk sukses Jakarta, sukses untuk Indonesia," ucap Heru.
 
Penanaman pohon  dilakukan secara bertahap di beberapa wilayah seperti area Jakarta International Stadium, Waduk Rambutan 1, Embung Wirajasa, Waduk Kaja, dan Jalan Boulevard Barat Raya - Kelapa Gading.
 
Adapun pohon yang akan ditanam seperti trembesi (samanea saman), ketapang kencana (terminalia mantaly), pulai (alstonia scholaris), tabebuya (tabebuia rosea), bungur (lagerstomeia speciosa), leda (eucalyptus deglupta), dan tecomastan (tecoma stans).
 
Kegiatan Porseni yang ditutup pada hari ini telah berlangsung sejak 7-19 Agustus 2023. Porseni ini baru diadakan kembali setelah vakum selama sepuluh tahun terakhir.
 
Kegiatan yang diselenggarakan mencakup delapan jenis pertandingan, yakni: Vokal, basket 3 on 3, tenis meja, badminton, futsal, gerak jalan, dan e-sport (mobile legend), serta lomba pembuatan logo BPBUMD dan sinergi BUMD.
 
Heru mendukung kegiatan Porseni ini dilakukan secara berkelanjutan.
 
"Dengan mengucap alhamdulillah, secara resmi Porseni BP BUMD 2023 saya nyatakan ditutup. Tentunya dengan kegiatan ini kita selalu guyub," lanjut Heru.
 
Sementara itu, Kepala BP BUMD Nasrudin Djoko Surjono menjelaskan Porseni melibatkan ribuan atlet yang tersebar di berbagai BUMD Jakarta.
 
Porseni 2023 tersebut dimenangkan Bank DKI sebagai juara umum, kemudian Perumda PAM Jaya, dan Perumda Pasar Jaya.
 
Porseni diikuti 1.272 peserta dari BP BUMD, 13 perusahaan BUMD, dan 4 perusahaan patungan. Total medali yang diperebutkan berjumlah 252 medali.
Baca juga: Tekan polusi udara, Polda Metro Jaya tanam 15.000 pohon
Baca juga: Emil Salim Institute Inisiasi Gerakan Tanam Pohon Mangrove di Pantura Jakarta
Baca juga: Asfin dengan Bank Jasa Jakarta tanam pohon di Hulu Sungai Ciliwung

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023