Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya pada Jumat melaksanakan
gerakan penanaman 15.000 pohon serentak di seluruh jajarannya untuk menekan polusi udara di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Program "Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini" merupakan gagasan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai wujud kepedulian Polri terhadap lingkungan hidup dan aksi nyata gerakan nasional mensyukuri kemerdekaan bangsa dalam rangka memperingati HUT Ke-78 Republik Indonesia.

"Kami tanam sebanyak 5.000 pohon di SPN Polda Metro dan 10.000 pohon lainnya ditanam di 10 wilayah Polres jajaran Polda Metro Jaya," ujar Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Metro Jaya Kombes Langgeng Purnomo di Jakarta.

Penanaman pohon memiliki banyak manfaat seperti mengatasi masalah banjir serta mengurangi pemanasan global dan menambah produksi oksigen.

Baca juga: Heru: Luhut instruksikan semua kementerian berlakukan WFH
 
Kepala Biro SDM Polda Metro Jaya Kombes Langgeng Purnomo (kanan) melaksanakan Program "Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini" dengan menanam pohon di SPN Polda Metro Jaya, Jumat (18/8/2023). ANTARA/HO-Humas Polsek Tambora

​​​​​​Penanaman pohon dapat menurunkan kadar polusi udara di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya yang telah melampaui ambang batas kesehatan.

Kegiatan penanaman pohon ini juga merupakan wujud nyata kolaborasi antara aparat Kepolisian dengan masyarakat. Warga setempat turut bergabung dalam aksi ini yang menunjukkan adanya kesadaran bersama dalam menjaga alam dan mewujudkan lingkungan lebih sehat dan lestari.

Polda Metro Jaya menegaskan polisi tidak hanya sebatas penegakan hukum, tetapi juga terlibat aktif dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

Pada Jumat sekitar pukul 08.00 WIB sampai 09.00 WIB, Polres Metro Jakarta Utara pimpinan Kapolres Kombes Pol Gidion Arif Setyawan menanam 160 pohon di Danau Cincin Jalan Bisma RW 008 Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Penanaman pohon dilaksanakan agar bisa memberi kesejukan di daerah danau cincin dan sekitarnya," ujar Gidion.

Baca juga: Udara buruk belum berdampak pada kenaikan penjualan obat batuk

Gidion mengatakan, Dandim 0502 Jakarta Utara Letnan Kolonel Kavaleri Taufan Tri Anggoro, Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Utara Atang Pujianto, Sekretaris Kota Jakarta Utara Abdul Khalit juga terlibat dalam penanaman pohon di Danau Cincin.

Di Tambora, Jakarta Barat, sebanyak 200 pohon ditanam oleh personel Polsek Tambora yang dipimpin Kapolsek Tambora Kompol Putra Pratama.

Polsek Tambora mendapat 200 bibit pohon jenis rambutan, durian, jambu, nangka, alpukat, jati dan sawo. "Kami tanam menyebar di wilayah Tambora karena keterbatasan lahan yang ada," ujar Putra.
Baca juga: Legislator minta Pemprov DKI tetapkan tanggap darurat bencana polusi

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023