ntuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai situasi keamanan dan permasalahan kriminalitas yang terjadi di wilayah hukum Jakarta Barat,
Jakarta (ANTARA) - Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Puslitbang Polri) mengunjungi Polres Metro Jakarta Barat guna mengevaluasi penguatan pemberantasan kejahatan jalanan dan preman.

Kombes Pol Azis Saputra selaku pimpinan Tim Puslitbang Polri mengatakan kunjungan tersebut rangka meneliti dan melakukan supervisi penguatan pemberantasan kejahatan di wilayah hukum Polres Metro Jakarta Barat.

"Kunjungan ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai situasi keamanan dan permasalahan kriminalitas yang terjadi di wilayah hukum Jakarta Barat," kata Azis di Jakarta, Senin..

Dalam kegiatan tersebut, para anggota tim Puslitbang Polri aktif berinteraksi dengan pihak-pihak yang hadir, berdiskusi tentang tantangan-tantangan yang dihadapi dalam pemberantasan kejahatan jalanan dan aksi premanisme.

Selain itu, kata Azis, pihaknya juga mendapatkan berbagai pandangan dari berbagai perspektif yang berbeda.

"Turut serta dalam kegiatan ini adalah perwakilan masyarakat yang secara langsung terlibat dalam dinamika wilayah tersebut," ungkap Azis.

Selama kunjungan, kata Azis, para peserta diminta mengisi kuesioner atau angket yang dirancang oleh Tim Puslitbang Polri.

"Pertanyaan dalam kuesioner tersebut mencakup berbagai aspek terkait keamanan, perasaan aman masyarakat, persepsi terhadap kinerja kepolisian, serta saran dan pandangan untuk meningkatkan efektivitas pemberantasan kejahatan jalanan dan premanisme," kata Azis.

Dengan mengisi kuesioner tersebut, Azis mengungkapkan, Tim Puslitbang Polri berharap mendapatkan data empiris yang lebih komprehensif tentang persepsi masyarakat terkait keamanan dan upaya pemberantasan kejahatan di wilayah tersebut.

"Data-data yang diperoleh dari pengisian kuesioner akan menjadi bahan analisis yang penting dalam menyusun rekomendasi dan strategi penguatan kebijakan kepolisian dalam mengatasi permasalahan terkait," kata Azis.

Ia menyebut kunjungan tersebut mencerminkan komitmen Puslitbang Polri dalam memahami secara mendalam kondisi lapangan dan aspirasi masyarakat.

"Diharapkan hasil dari penelitian dan supervisi ini akan memberikan kontribusi positif dalam pengembangan metode dan strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat di wilayah hukum Polres Metro Jakarta Barat," kata Azis.
Baca juga: Polres Jakarta Barat tangkap pelaku pungli di Cengkareng
Baca juga: Polrestro Jakarta Barat lakukan OTT terhadap 22 orang tersangka preman
Baca juga: Delapan pemuda di Tubagus Angke diringkus polisi

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023