Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Senin (21/8), mulai dari Menkopolhukam Mahfud MD akan kunjungan kerja (kunker) ke beberapa negara temui para korban eksil 65 hingga TNI Angkatan Laut menerima dua kapal tunda baru buatan industri galangan kapal dalam negeri.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

1. Mahfud bakal kunjungi Eropa untuk bahas keamanan-temui para eksil 65

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengungkapkan bahwa dirinya akan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke beberapa negara Eropa dan Korea Selatan mulai Selasa (22/8).

"Saya besok akan ke Turki untuk kerja sama keamanan. Sesudah itu ke Amsterdam, Praha dan Ceko," ujar Mahfud di Hotel Sultan, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.


2. Indonesia-Kenya sepakati kerja sama sektor kesehatan

Pemerintah Republik Indonesia menjalin kerja sama bilateral di sektor kesehatan berupa implementasi regulasi produk farmasi dan transfer teknologi vaksin dengan Pemerintah Republik Kenya.

"Saya telah menyampaikan komitmen Indonesia melalui 'Indonesian Aid' untuk Kenya di bidang kesehatan, ketahanan pangan, penanganan bencana. Ke depan ini akan terus ditingkatkan, khususnya untuk sektor yang menjadi prioritas Kenya," kata Presiden Joko Widodo ketika menyampaikan pernyataan pers bersama Presiden Kenya yang disiarkan secara daring melalui YouTube Sekretariat Presiden, Senin.

Selengkapnya baca di sini.


3. Komisi II dan Pemerintah setujui pembentukan Panja revisi UU IKN

Komisi II DPR RI bersama Pemerintah menyetujui pembentukan panitia kerja (Panja) terkait Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara (UU IKN) atau revisi UU IKN.

"Apakah kita bisa menyetujui dan mengesahkan pembentukan Panja ini?" kata Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia yang memimpin rapat kerja bersama Pemerintah, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.


4. Budiman Sudjatmiko akui belum terima surat pemanggilan PDIP

Politisi PDI Perjuangan (PDIP) Budiman Sudjatmiko mengaku belum menerima surat pemanggilan resmi dari partai berlambang banteng moncong putih itu.

"Saya belum bisa memberikan komentar, karena memang belum ada surat pemanggilan kepada saya," ujar Budiman saat dihubungi awak media di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.


5. TNI AL terima 2 kapal tunda baru buatan industri kapal dalam negeri

TNI Angkatan Laut menerima dua kapal tunda (harbour tug/tugboat) buatan industri galangan kapal dalam negeri yang diberi nama TD Umsini dan TD Irau dalam upacara serah terima kapal di Galangan Noahtu Shipyard, Tanjung Priok, Jakarta, Senin.

Dua kapal tunda laut dangkal yang menyandang kode TD itu diterima langsung oleh Wakil Kepala Staf TNI AL (Wakasal) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Ahmadi Heri Purwono, yang didampingi oleh Panglima Koarmada RI Laksamana Madya TNI Herru Kusmanto, jajaran pejabat Mabes TNI AL, dan Panglima Koarmada III TNI AL Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023