Jakarta (ANTARA/JACX) – Piala Dunia U-17 2023 akan diselenggarakan di Jakarta, Bandung, Surakarta, dan Surabaya pada 10 November sampai 2 Desember 2023. Kompetisi bergengsi tersebut menarik antusiasme masyarakat untuk meramaikan kegiatan tersebut.

Sebuah unggahan Facebook menarasikan bahwa FIFA secara khusus mengundang pesepakbola Brasil, Neymar da Silva Santos Junior untuk menjadi ikon Piala Dunia U 17 di Indonesia.

Dalam unggahan tersebut dinarasikan juga Neymar akan datang ke Jakarta International Stadium (JIS) untuk pembukaan Piala Dunia U 17. Foto pada thumbnail unggahan tersebut juga menampilkan Neymar, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Presiden FIFA Gianni Infantino di depan yang dituliskan Grand Launching Jakarta International Stadium.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Resmi!! Fifa Undang Pem4in Terbaik Brazil Icon Ut4ma Piala Dunia U17 Di Jis!!.”

Namun, benarkah FIFA resmi undang Neymar jadi ikon Piala Dunia U 17 di JIS?

 

Unggahan video hoaks yang menarasikan Neymar akan menjadi ikon Piala Dunia U17 di Indonesia atas permitan FIFA. Faktanya, isi video tidak sesuai dengan narasi judul. (Facebook)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, foto dalam thumbnail tersebut serupa dengan unggahan Liputan6 yang berjudul “Anies: Saya Serahkan JIS kepada The Jak Mania, Warga Jakarta dan Bangsa Indonesia”. Dalam foto tersebut dinarasikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghelat Grand Launching Jakarta International Stadium (JIS) pada Minggu (24/7/2022) malam. Sehingga, foto Neymar dan Gianni Infantino dalam thumbnail tersebut merupakan editan.

Selain itu, dalam video tersebut, narator hanya membacakan berita dari CNN yang berjudul “Erick: Hasil Rapat dengan FIFA Sepakat 4 Stadion Piala Dunia U-17” dan Fajar.co.id yang berjudul “Fitur Canggih JIS Bikin FIFA Jadikan Venue Utama Piala Dunia-17, Eko Widodo: Makin Banyak yang Akui Keberhasilan Anies”.

Dalam artikel tersebut, tidak ada informasi mengenai Neymar akan menjadi ikon Piala Dunia U 17 di Indonesia.

Klaim: FIFA resmi undang Neymar jadi ikon Piala Dunia U 17 di JIS 

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Video Presiden FIFA berterima kasih pada Anies karena takjub pembangunan JIS

Cek fakta: Hoaks! Erick Thohir pecat pelatih Timnas U17 Bima Sakti

Baca juga: PSSI ungkap jaminan pemerintah untuk Piala Dunia U-17 sudah keluar

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023