Tiga pesawat tempur Sukhoi itu akan diterbangkan dari Skadron Udara 11 Pangkalan Udara (Lanud) Hasanuddin dan akan mengitari langit di sekitar anjungan City of Makassar.
Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan tiga pesawat tempur jenis Sukhoi ikut memeriahkan pembukaan Makassar International Eight Festival and Forum (F8) yang akan dibuka oleh Menparekraf Sandiaga Uno di Anjungan City of Makassar.

"Sejak pelaksanaan perdana F8 Makassar di 2016 lalu, pesawat Sukhoi sudah terlibat dalam agenda memeriahkan F8 dan tahun 2023 ini pun sama akan terlibat," katanya di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa.

Menurut Danny -- sapaan akrab Ramdhan Pomanto, tiga pesawat tempur Sukhoi itu akan diterbangkan dari Skadron Udara 11 Pangkalan Udara (Lanud) Hasanuddin dan akan mengitari langit di sekitar anjungan City of Makassar.

Ia menjelaskan pada tahun-tahun sebelumnya pelaksanaan F8, biasanya hanya dua pesawat Sukhoi saja yang menghibur pengunjung. Namun pada pembukaan di 2023, satu pesawat lagi ditambahkan sehingga total ada tiga Sukhoi.

Dirinya menyampaikan terima kasihnya kepada Pangkoopsud II yang mendukung penuh kegiatan Makassar F8 tersebut.

"Untuk semua pihak yang terlibat kami sampaikan ucapan terima kasih yang sangat mendalam. Makassar F8 ini salah satu dari Top 10 KEN Kemenparekraf dan kehadirannya selalu ditunggu masyarakat," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Makassar Mohammad Roem menambahkan jika pelaksanaan Makassar F8 tahun ini hanya menampilkan tiga pesawat Sukhoi tanpa dukungan dari pesawat tempur lainnya berjenis Jupiter.

"Untuk pesawat tempur Jupiter baru-baru sudah melakukan atraksi saat HUT Kemerdekaan kemarin, sehingga untuk F8 hanya atraksi Sukhoi. Tapi pesawatnya ditambah satu, jadi ada tiga Sukhoi nanti yang akan menghibur warga," katanya.

Ia mengatakan ajang F8 tahun ini jauh lebih semarak dari tahun lalu. Selain dihibur oleh band papan atas seperti Cokelat dan Slank, juga melibatkan 11 negara, yakni Singapura, Thailand, Vietnam, Laos, Philipina, Jepang, Malaysia, Prancis, Australia, Portugal, dan India. Bahkan, lima negara ASEAN mengirim perancang busana untuk mengikuti F8 di Kota Makassar. Yakni, Singapura, Thailand, Vietnam, Philipina, dan Laos.

Makassar F8 sendiri singkatan dari fiction writer and font, flora and fauna, food and fruit, selain fusion music, film, fashion, fine arts, folk, demikian Mohammad Roem.

Baca juga: Wali Kota Makassar siapkan Kapal Pinisi jamu para menteri di ajang F8

Baca juga: Wali Kota Makassar sebut perwakilan 11 negara akan hadir di event F8

Baca juga: 150 stan UMKM disiapkan untuk geliatkan ekonomi masyarakat di F8

Baca juga: Lima desainer mancanegara ikut serta di ajang Makassar F8


Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023