Surabaya (ANTARA News) - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyemangati para siswa-siswi SMA/SMK peserta Ujian Nasional (UN) untuk tidak panik saat mengerjalan soal-soal ujian di hari pertama UN.

"Kalian yang semangat ya, kalian pasti bisa. Tidak perlu takut atau grogi karena Unas ini tahapan yang memang harus dilewati, biasa saja. Ayo semangat," ujar wali kota saat mengunjungi pelaksanaan UN di SMA Kompleks Surabaya, Senin.

Selama ini, kata dia, pelaksanaan UN seringkali dianggap sebagai momok menakutkan. Bahkan UN acapkali membuat siswa-siswi dilanda ketegangan.

Saat berkunjung ke SMA Kompleks di Jalan Kusuma Bangsa, wali kota menyemangati siswa-siswi yang bersiap mengerjakan soal mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diujikan di hari pertama UN.

Selain itu, Risma juga berpesan agar siswa menjaga ketenangan suasana UN di antaranya dengan tidak menyalakan ponsel selama UN berlangsung.

"Intinya, saya yakin anak-anak kita lebih siap menghadapi UN tahun ini. Karena tiap minggu, mereka diberikan soal ulangan. Kita memiliki bank soal yang bisa digunakan untuk latihan," ujarnya.

Selain ke SMA Kompleks, Risma bersama Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Ikhsan dan juga Kabag Humas Pemkot Surabaya, Nanis Chairani, juga meninjau pelaksanaan UN di SMA 19 di Kecamatan Kenjeran.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013