Pelatihan itu dilakukan agar dapat mengakselerasi digitalisasi UMKM.
Jayapura (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua telah melatih 97 pengusaha yang masuk kategori usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di bidang digitalisasi.

Sebanyak 97 pengusaha UMKM yang sudah mengikuti latihan digitalisasi itu tersebar di Jayapura, Nabire, Kepulauan Yapen, Mamberamo, Mimika, dan Merauke.

Kepala Perwakilan BI Papua Juli Budi Winantya, di Jayapura, Selasa, mengatakan pelatihan itu dilakukan agar dapat mengakselerasi digitalisasi UMKM.

"Bank Indonesia Papua telah menjalankan on boarding sebagai upaya mendorong digitalisasi UMKM melalui pemberian pelatihan digital marketing, fotografi dan desain foto produk, digital ads, dan membuat toko online melalui berbagai market place di Indonesia," kata Juli.

Dia mengakui, BI Papua tidak hanya memberikan edukasi, kegiatan on boarding UMKM juga dilakukan dengan memberikan pendampingan secara intensif kepada peserta on boarding untuk memastikan UMKM mendapat pengetahuan yang mendalam.

Saat ditanya kesulitan dalam melaksanakan digitalisasi, Juli mengaku, faktor kualitas jaringan telekomunikasi yang belum stabil dan merata di wilayah Papua serta tingginya biaya transportasi apabila harus mengirimkan barang dagangannya kepada pembeli di luar Papua.

"Mudah-mudahan ke depan kedua permasalahan itu dapat diatasi, sehingga UMKM dapat berkembang pesat," kata Juli Budi Winantya.
Baca juga: BI ajak pelajar Papua beri edukasi cinta rupiah ke masyarakat
Baca juga: BI Papua sebut transaksi selama Feskop capai Rp359 juta

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023