Ini adalah koi-koinya, ini akan kita kembangkan dan budi dayakan di Pangatikan, dan nanti beberapa petani di kita bisa magang di Blitar
Garut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Blitar, Jawa Timur, menghibahkan 300 ikan koi berkualitas unggul untuk dibudidayakan oleh Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, dalam rangka menjalin kerja sama pengembangan peternakan dan perikanan unggulan daerah menuju pasar ekspor.

"Saya Bupati Garut melalui Dinas Peternakan dan Perikanan menerima ikan-ikan koi hibah dari petani-petani di Blitar melalui Pemerintah Kabupaten Blitar," kata Bupati Garut Rudy Gunawan saat menerima hibah ikan koi di Pendopo Garut, Selasa.

Ia menuturkan Pemkab Garut dan Pemkab Blitar selama ini sudah menjalin komunikasi dan melakukan studi tiru terkait program pengembangan budi daya ikan koi yang menjadi unggulan di Blitar dan ternak domba yang menjadi unggulan di Garut.

Pertemuan antar dua pemerintahan daerah kali ini, kata dia, merupakan tindak lanjut hasil nota kesepahaman bersama untuk berbagi pengalaman dan saling mendorong potensi daerah agar terus berkembang.

"Antara Pemerintah Garut dan Pemerintah Kabupaten Blitar diadakan kerja sama dalam rangka budi daya ikan koi, Blitar adalah kabupaten yang mempunyai pengalaman dalam budi daya ikan koi, itu akan mentransfer ke Kabupaten Garut," katanya.

Ia menyampaikan Pemkab Garut sebelumnya sudah mengirimkan 22 domba Garut unggulan untuk dikembangkan di Blitar, saat ini sebaliknya dari Blitar mengirim ikan koi.

"Bagaimana nanti di Garut dikembangkan budi daya ikan koi yang berkualitas, dan ikut dalam satu komitmen yaitu bisa orientasi ekspor," katanya.

Ia menyampaikan ikan koi yang dikirim ke Garut selanjutnya akan dikembangkan oleh pembudi daya di Kecamatan Pangatikan, Garut, sampai hasilnya memiliki kualitas sama seperti di Blitar.

"Ini adalah koi-koinya, ini akan kita kembangkan dan budi dayakan di Pangatikan, dan nanti beberapa petani di kita bisa magang di Blitar," katanya.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar Toha Mashuri menyatakan, langkah ini tindak lanjut dari perjanjian kerja sama yang telah ditandatangani untuk memajukan sektor peternakan dan perikanan di kedua kabupaten.

Ia mengapresiasi respons dari Bupati Garut Rudy Gunawan yang berkenan mengembangkan budi daya koi yang nantinya berorientasi ekspor.

"Harapannya kalau dari kerja sama ini bisa saling membantu, saling mengisi, dan tentunya ini adalah untuk kemakmuran atau kesejahteraan warga kita semua," katanya.

Baca juga: Pemkab Garut terus buka investasi untuk bangun ekonomi daerah

Baca juga: Dubes Rosan bangga band metal asal Garut VoB pukau penonton di AS

Baca juga: Gubernur Jabar resmikan wisata kelas dunia Situ Bagendit di Garut

Baca juga: PNM hapus tagihan utang fiktif 354 warga di Garut


 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023