Kabupaten Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mendistribusikan 970.000 liter air bersih kepada masyarakat di daerah yang mengalami kekeringan.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bogor Asep Sulaeman di Bogor, Selasa, menyebutkan 970.000 liter air bersih itu didistribusikan ke 58 desa/kelurahan di 17 kecamatan sejak 2 Mei 2023 hingga 21 Agustus 2023.

Bantuan air bersih itu dikirim oleh petugas menggunakan mobil-mobil tanki milik BPBD Kabupaten Bogor dan Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kahuripan.

Baca juga: BPBD Bogor kirim 10.000 liter air bersih atasi kekeringan di Puncak

"Bantuan air bersih itu untuk masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhannya akibat kekeringan," kata Asep.

BPBD Kabupaten Bogor mencatat ada sekitar 97.403 jiwa dari 29.404 KK yang mengalami krisis air bersih akibat kekeringan di 58 desa/kelurahan.

Ia menyebutkan daerah terdampak kekeringan yaitu Desa Ciomas, Kecamatan Tenjo; Desa Cikopomayak, Neglasari, Curug, Sipak, Pangradin, Tegalwangi, Pangaur, Pamagersari, Wirajaya dan Setu, Kecamatan Jasinga.

Baca juga: BPBD siapkan truk tangki berisi 18.000 liter antisipasi kekeringan

Kemudian Desa Harkatjaya, Sukajaya, Kiarapandak, dan Urug, Kecamatan Sukajaya; Kecamatan Nanggung; Desa Kalong Liud, Nanggung, Parakan Muncang dan Desa Hambaro, Kecamatan Nanggung; Desa Leuwisadeng, Desa Kalong II, dan Desa Sadeng, Kecamatan Leuwisadeng.

Selanjutnya, Desa Sukamaju, Giri Mulya, Cijujung, Cibatok 2, dan Situilir, Kecamatan Cibungbulang; Kecamatan Rancabungur; Desa Rancabungur, Cimulang, dan Mekarsari, Kecamatan Rancabungur; Desa Cijeruk, Kecamatan Cijeruk; Desa Kopo, Kecamatan Cisarua; Desa Sukaresmi, Kecamatan Sukamakmur.

Berikutnya, Desa Cijayanti, Karangtengah, dan Sumurbatu, Kecamatan Babakanmadang; Desa Weninggalih, Sukagalih, Sukasirna, Sirnagalih, dan Sukanegara, Kecamatan Jonggol; Desa Tajur, Citeureup, Sukahati, Tarikolot, Hambalang, dan Gunungsari, Kecamatan Citeureup.

Baca juga: Kabupaten Tangerang tetapkan siaga bencana kekeringan

Kemudian Desa Ciampea, Kecamatan Ciampea; Desa Tanjungsari, Pasirtanjung, Cibadak, Tanjungrasa, Antajaya, dan Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari; Kecamatan Cigombong; Desa Watesjaya dan Tugujaya, Kecamatan Cigombong; Desa Cibeuteung Muara dan Kharikhil, Kecamatan Ciseeng.

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023