Pasar mata uang melemah di tengah tenangnya volatilitas musim panas dan menjelang simposium bank sentral The Fed di Jackson Hole, Wyoming
Singapura (ANTARA) - Dolar AS bertengger di dekat level tertingginya dalam dua bulan di awal sesi Asia pada Rabu, ketika investor menantikan pidato ketua Federal Reserve minggu ini sebagai isyarat mengenai jalur kebijakan moneter, sementara yen berada di dekat level 146 per dolar, membuat para pedagang terus menebak-nebak intervensi.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang rivalnya, berada di 103,55, tidak jauh dari level tertinggi dua bulan di 103,71 yang disentuh pada Selasa (22/8/2023). Indeks naik 1,6 persen pada Agustus dan berada di jalur untuk menghentikan penurunan beruntun dua bulannya.

Pasar mata uang melemah di tengah tenangnya volatilitas musim panas dan menjelang simposium bank sentral The Fed di Jackson Hole, Wyoming, minggu ini, kata ahli strategi mata uang Christopher Wong di OCBC di Singapura.

Karena para pedagang enggan memasang taruhan besar, sorotan tertuju pada pidato Ketua Fed Jerome Powell di acara tersebut, yang dijadwalkan pada 24-26 Agustus. Investor akan mengurai kata-katanya untuk mengukur jalur kebijakan moneter Fed.

Data ekonomi AS yang kuat baru-baru ini telah membantu menghilangkan kekhawatiran akan terjadinya resesi namun dengan inflasi yang masih jauh di atas target The Fed sebesar 2,0 persen, investor khawatir bahwa bank sentral mungkin akan mempertahankan suku bunga pada kisaran yang lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama.

Baca juga: Yuan China naik tipis 4 basis poin menjadi 7,1988 terhadap dolar AS

Baca juga: Dolar AS naik ketika para pedagang menunggu Simposium Jackson Hole


"Pasar mencari petunjuk pergeseran (kebijakan) sebelumnya atau perpanjangan yang lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama," kata Wong.

Presiden Fed Richmond, Thomas Barkin pada Selasa (22/8/2023) mengatakan The Fed harus terbuka terhadap kemungkinan bahwa perekonomian akan mulai kembali berakselerasi daripada melambat, dengan potensi implikasi terhadap perjuangan inflasi bank sentral AS.

Pasar memperkirakan peluang sebesar 86 persen bahwa The Fed akan tetap bertahan pada pertemuan kebijakan bulan depan, alat CME FedWatch menunjukkan, tetapi kemungkinan kenaikan suku bunga bank sentral AS sekali lagi tahun ini menjelang akhir tahun telah meningkat.

Potensi kenaikan suku bunga tambahan setelah kemungkinan jeda pada pertemuan September, ditambah dengan penurunan kelebihan tabungan, dapat melemahkan momentum konsumen menjelang akhir tahun, kata Saira Malik, CIO di Nuveen.

Yen menguat 0,20 persen menjadi 145,59 per dolar pada jam-jam Asia tetapi tidak jauh dari level sembilan bulan di 146,565 yang dicapai minggu lalu, membuat para pedagang gelisah karena mereka dengan hati-hati memperhatikan tanda-tanda intervensi.

Ketika dolar menembus di atas 145 yen yang memicu intervensi tahun lalu, spekulasi mulai meningkat bahwa Tokyo akan segera masuk ke pasar untuk mendukung mata uangnya.

Atsushi Takeuchi, yang merupakan kepala divisi valuta asing Bank Sentral Jepang ketika Tokyo melakukan intervensi pada tahun 2010-2012, mengatakan Jepang tidak akan melakukan intervensi kecuali yen bergerak melewati level 150 dan menjadi masalah politik yang besar bagi Perdana Menteri Fumio Kishida.

“Pihak berwenang biasanya tidak memikirkan batasan tertentu. Namun ambang batas utama seperti 150 penting karena alasan politik, karena mudah dipahami,” kata Takeuchi.

Dalam mata uang lain, euro naik 0,07 persen menjadi 1,0852 dolar, menjauh dari level terendah dua bulan di 1,0833 dolar yang disentuh semalam.

Dolar Australia naik 0,40 persen menjadi 0,645 dolar AS, sedangkan dolar Selandia Baru naik 0,29 persen menjadi 0,596 dolar AS.

Di pasar mata uang kripto, bitcoin terakhir naik 0,77 persen menjadi 26.049 dolar AS, setelah menyentuh level terendah dua bulan di 25.350 dolar AS semalam.

Baca juga: Dolar melemah di Asia, yen menguat di tengah kegelisahan intervensi

Baca juga: Dolar dekati tertinggi di awal Asia seiring melonjaknya imbal hasil AS

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023