Waduk Jatibarang ini untuk penyediaan air bersih, untuk mengatasi banjir
Semarang (ANTARA) - Polda Jawa Tengah menanam berbagai jenis pohon di tepian Waduk Jatibarang Semarang, Rabu, yang merupakan salah satu penyangga kebutuhan air bersih untuk wilayah ibu kota provinsi itu

Penanaman dilaksanakan secara simbolis oleh Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol.Ahmad Luthfi bersama para anggota forum koordinasi pimpinan daerah provinsi ini.

Menurut Kapolda, penanaman di tepian Waduk Jatibarang ini merupakan bagian dari penghijauan kawasan penyedia air bersih tersebut.

"Waduk Jatibarang ini untuk penyediaan air bersih, untuk mengatasi banjir," katanya.

Setelah kegiatan penanaman serentak ini, ia mengharapkan terus dilakukan perawatan.

Secara umum, lanjut dia, dilakukan penanaman secara serentak oleh kepolisian di wilayah Jawa Tengah sebanyak 40 ribu pohon yang terdiri atas mangrove dan tanaman keras.

Selain itu, lanjut Kapolda, upaya lain kepolisian dalam menghadapi kemarau panjang ini dengan menyiapkan antisipasi dan memetakan kawasan rawan kekeringan.

"Sudah dilakukan kegiatan preventif dan preemtif, antisipasi terjadinya kebakaran dan kekurangan air bersih," katanya.

Ia menambahkan masing-masing polres sudah menyiapkan rencana kesiapan menghadapi kemarau untuk membantu daerah-daerah yang mengalami kekeringan melalui pasokan air bersih.

Waduk Jatibarang ini mempunyai daya tampung 20,4 juta meter kubik. Selain untuk mengatasi masalah banjir, waduk ini juga menjadi salah satu destinasi objek wisata Semarang, karena di tengah waduk ini terdapat pulau kecil yang di dalamnya terdapat objek wisata lain yaitu Goa Kreo.

Baca juga: Pemkot Semarang kembangkan destinasi wisata dukung "sport tourism"
Baca juga: Petani Waduk Jatibarang laporkan kerusakan tanaman akibat pembalakan

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023