Pretoria (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping dan Presiden Afrika Selatan (Afsel) Cyril Ramaphosa pada Selasa (22/8) sepakat untuk mendorong pengembangan kemitraan strategis komprehensif China-Afrika Selatan yang lebih besar di era baru.

Saat pembicaraan kedua kepala negara tersebut, Xi menyerukan kedua belah pihak untuk menjadi mitra strategis dengan rasa saling percaya tingkat tinggi, seraya menambahkan bahwa persahabatan dan persaudaraan adalah kualitas sebenarnya dari hubungan bilateral.

Menurut Xi, China dan Afsel juga harus menjadi mitra pembangunan demi kemajuan bersama, menambahkan bahwa manfaat bersama dan hasil yang saling menguntungkan merupakan akar dari kerja sama China-Afsel.

Sang pemimpin China juga mendesak kedua negara untuk menjadi mitra yang bersahabat dengan rasa saling pengertian dan niat baik yang mendalam, serta mitra global yang menjaga keadilan. Selesai
 
Presiden China Xi Jinping, yang sedang melakukan kunjungan kenegaraan ke Afrika Selatan, menggelar pembicaraan dengan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa di Pretoria, Afrika Selatan, pada 22 Agustus 2023. (Xinhua/Huang Jingwen)
 
 
Presiden China Xi Jinping, yang sedang melakukan kunjungan kenegaraan ke Afrika Selatan, berjabat tangan dengan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa menjelang jamuan penyambutan di Pretoria, Afrika Selatan, pada 22 Agustus 2023. Xi menggelar pembicaraan dengan Ramaphosa pada Selasa (22/8). (Xinhua/Pang Xinglei)
 
 
Presiden China Xi Jinping dan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa bersama-sama menggelar jumpa pers usai pembicaraan mereka di Pretoria, Afrika Selatan, pada 22 Agustus 2023. (Xinhua/Li Xueren)



 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023