Gianyar, Bali (ANTARA) - Sebanyak dua pemain muda binaan Bali United lolos seleksi tim nasional U-17 untuk memperkuat skuad Garuda Muda tampil dalam kancah pertandingan internasional, Piala Dunia U-17 di Indonesia, 10 November - 2 Desember. 

“Mereka akan menjadi masa depan yang indah bagi klub Bali United dan juga Indonesia,” kata pelatih kiper Bali United Marcelo Pires di Gianyar, Bali, Rabu.

Mouri Ananda Yves Ramli Simon dan I Wayan Arta Wiguna atau kerap disapa Ello adalah dua Serdadu Tridatu muda yang lolos seleksi timnas U-17.

Maouri sudah lebih dulu menjalani latihan sejak Jumat (18/8) di Jakarta dan Ello pada Selasa (22/8) menyusul rekannya ke ibu kota.

Ello memiliki posisi sebagai penjaga gawang, sedangkan Mouri sebagai gelandang.

Kedua pemain muda berbakat itu akan menjalani latihan di Jakarta hingga Kamis (31/8) sebelum berlanjut latihan ke Eropa.

Bersama tiga orang lainnya, kedua pemain muda binaan Bali United itu terpilih melalui seleksi ketat yang digelar di 12 daerah di Indonesia yang diikuti peserta dari sejumlah klub sepak bola Tanah Air.

Ada pun 12 daerah itu yakni Bandung, Palembang, Bali, Tangerang, Samarinda, Jakarta, Solo, Banjarmasin, Medan, Surabaya, Manado, dan Makassar sebanyak 42 orang dan delapan orang tambahan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Setelah itu, tim pelatih U-17 kemudian memilih lima orang dari total 50 pemain berdasarkan penilaian konsultan pelatih Frank Wormuth.

Sebanyak lima pemain itu terdiri dari kiper, pemain belakang, gelandang, winger, dan striker.

Baca juga: Tiga pemain diaspora masih gabung Timnas U17

Bali United menjadi salah satu penyumbang penjaga gawang untuk skuad Garuda selama beberapa periode terakhir di antaranya untuk kategori usia 16 tahun (U-16) pada 2019 yaitu Made Kaicen.

Kemudian Komang Aryantara alias Koming yang menjalani seleksi timnas pada 2022 dan terakhir Wayan Arta alias Ello yang kini menjalani seleksi nasional di Jakarta.

Selain itu, deretan kiper senior Bali United juga silih berganti sempat mengawal gawang Indonesia seperti Wawan Hendrawan, Nadeo Argawinata, Muhammad Ridho hingga Rakasurya Handika di kelompok junior.

Berikut daftar nama lima pemain terpilih dari 12 kota seleksi tim U-17 Indonesia:

1. I Wayan Arta Wiguna (penjaga gawang)

Klub : Bali United

2. Rionaldi Mehran (Bek Kiri)

Klub : Academy Persib Cimahi

3. Maouri Ananda Yves (Gelandang serang)

Klub : Bali United

4. M Aulia Rahman (Striker)

Klub. : Persita

5. Fairuz Farhan Al Radin (Wing kanan)

Klub : Sparta Depok

Baca juga: Lima pemain hasil seleksi 12 kota terpilih ikuti pemusatan latihan
Baca juga: PSSI ungkap jaminan pemerintah untuk Piala Dunia U-17 sudah keluar
 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023