Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia U-23 Shin Tae Yong menyinggung filosofi sepak bola fairplay saat menanggapi lolosnya tim Garuda Muda ke semifinal AFF U-23 setelah timnas Vietnam mengalahkan Filipina. 

Timnas Indonesia dipastikan melaju ke babak semifinal Piala AFF U-23 sebagai runner-up grup.

"Saya memiliki filosofi sepak bola yaitu bermain dengan fairplay," kata Shin Tae Yong dalam konferensi pers menjelang pertandingan semifinal melawan Thailand, Rabu.

Shin Tae Yong pun mengacu pada pertandingan antara Vietnam melawan Thailand pada AFF U-19 lalu yang menurutnya juga berjalan fairplay.

"Ketika Piala AFF U-19 di Indonesia (tahun lalu) dalam pertandingan Thailand melawan Vietnam, saya percaya pertandingan itu berjalan fairplay. Jadi saya pikir yang disajikan Vietnam (vs Filipina) dalam pertandingan kemarin malam itu juga demikian," ungkap Shin Tae Yong.

Pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu juga mengatakan bahwa keempat tim yang lolos ke semifinal merupakan tim yang layak.

"Empat tim yang ada di semifinal yaitu, Thailand, Indonesia, Malaysia, dan Vietnam saya pikir memang layak untuk lolos ke semifinal. Jadi saya berharap semifinal nanti akan menyajikan pertandingan yang bagus," ungkapnya. 

Baca juga: Pengamat: Thailand turunkan tim terkuat, Indonesia patut waspada

Tim Garuda Muda akan menghadapi Thailand dalam pertandingan semifinal Piala AFF U-23 yang berlangsung di Stadion Rayong Provincial, Thailand, Kamis (24/8) pada pukul 20.00 WIB.

Laga semifinal Piala AFF U-23 yang mempertemukan timnas Indonesia melawan Thailand adalah duel ulangan final SEA Games 2023 di Kamboja beberapa waktu lalu.

Kala itu timnas Indonesia yang dilatih Indra Sjafri keluar sebagai pemenangnya dengan skor 5-2, sekaligus meraih medali emas SEA Games, sejak terakhir kalinya diraih skuad Garuda pada 1991.

Kekalahan telak 2-5 pastinya masih membekas bagi tim Negeri Gajah Putih tersebut. Walhasil laga semifinal Piala AFF U-23 yang berlangsung di markas mereka sendiri akan jadi kesempatan Thailand membalas dendam.

Baca juga: Indonesia dipastikan melaju ke semifinal Piala AFF U23
Baca juga: Indonesia jaga asa lolos ke semifinal seusai tekuk Timor Leste 1-0

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023